SMPN 5 Pati Raih Adiwiyata Nasional

SEKITARPANTURA.COM, PATI - Prestasi membanggakan kembali diraih SMPN 5 Pati. Kali ini, sekolah tersebut berhasil menyabet penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional.

Penyerahan piagam penghargaan Adiwiyata Nasional tersebut diserahkan pada Desember lalu di di Gedung Manggala Wanabakti  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta Selatan oleh Menteri Siti Nurbaya.

Kepala SMPN 5 Pati Sofia Bardina menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang tinggi atas peran SMPN 5 dalam hal aksi pendidikan lingkungan hidup, khususnya di sekolah.

"Program Adiwiyata ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam pengelolaan lingkungan hidup dan mendukung pembangunan berkelanjutan. Untuk itu, kami sampaikan terima kasih atas penghargaan ini, karena upaya kami untuk mewujudkan tujuan dari Program Adiwiyata mendapatkan apresiasi," ujar Sofia.



Menurutnya, sesuai dengan pengertian Adiwiyata, yakni tempat yang ideal seseorang untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam kehidupan sosial terutama bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Sejauh ini, pihaknya berupaya agar warga sekolah bisa mendapatkan hal tersebut di sekolah.

Dirinya juga menyampaikan, jika program Adiwiyata ini bukan hanya sebuah aktivitas biasa melainkan untuk menekankan pembinaan dalam mewujudkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan.

"Adanya penghargaan ini, kami berharap bisa memacu SMPN 5 Pati untuk terus berbenah dan berkreasi dalam melakukan aktivitas kepedulian pendidikan lingkungan di sekolah. Sehingga, warga sekolah mendapatkan pendidikan yang nantinya bisa diterapkan di lingkungan rumah ataupun masyarakat," ungkapnya.

Dirinya juga mengatakan, jika penghargaan Adiwiyata Nasional ini tidak pernah terwujud tanpa adanya perubahan sikap dari semua warga sekolah.  Maka yang pertama disiapkan adalah perubahan sikap dan mental.Lingkungan berubah menjadi bersih,  hijau, dan berbunga karena perubahan sikap warga sekolah tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SMPN 5 Pati Raih Adiwiyata Nasional"

Post a Comment