Buwas Sebut Stok Beras untuk Lebaran 2019 Mencukupi

SEKITARPANTURA.COM,PATI - Stok beras menghadapi lebaran tahun ini,  diperkirakan lebih dari cukup.  Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama Bulog Budi Waseso,  saat meresmikan gudang Bulog di Desa Bumirejo, Kecamatan Margorejo,  Kabupaten Pati, Jawa Tengah, belum lama ini.

Stok beras Bulog hingga awal Maret 2019, tercatat ada 1,9 juta ton.  Sementara serapan beras ditargetkan mencapai 1,8 juta ton.  Dan  hingga Mei nanti  diperkirakan stok beras  akan bertambah seiring dengan akan dilakukannya panen raya.

"Stok beras untuk menghadapi Lebaran tahun sangat cukup. Aman.  Apalagi sebentar lagi petani akan melakukan panen," terang Budi Waseso disela melihat gudang Bulog baru.



Bulog sendiri mentargetkan bisa menyerap beras hingga 1,8 juta ton. Oleh karena itu,  stok beras menghadapi lebaran  sangatlah lebih dari cukup. Maka,  hingga Mei nanti  stok beras akan sangat mencukupi. 

"Pada tahun ini, target serapan beras bisa terpenuhi.  Maka hingga Mei nanti stok beras akan tercukupi.  Ketersediaan beras lebih dari cukup," tambahnya.

Terkait dengan peresmian gudang baru, secara simbolis Buwas meresmikan operasional gudang yang ada di Pati dan Banyumas.  

"Ada dua gudang Bulog baru yaitu di Pati dan Banyumas.  Kapasitas yang di Pati bisa menampung 5500 ton beras.  Sedang yang di Banyumas hanya sekitar 3500 ton beras," ungkapnya.

Gudang tersebut menelan anggaran Rp. 4,9 milyar  untuk pembangunannya. Dalam kesempatan tersebut, Buwas juga melihat langsung unit pengolahan beras yang berkapasitas 2000 ton. 

"Dengan gudang baru  ini,  diharapkan bisa menampung beras di Karesidenan Pati.  Pembangunan gudang baru tersebut  merupakan komitmen Bulog  dalam menjaga ketahanan pangan nasional," jelasnya.

Buwas juga menambahkan, jika dengan target serapan beras hingga 1,8 juta ton ini,  maka harus diantisipasi dengan adanya gudang baru. Dengan demikian,  maka antisipasi penampungan serapan beras bisa dilakukan secara maksimal.

Bulog juga memprediksi  jika serapan beras untuk tahun ini,  akan mencapai rata-rata maksimal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buwas Sebut Stok Beras untuk Lebaran 2019 Mencukupi"

Post a Comment