Desa Terdampak Banjir di Rembang Dikirim Bantuan

SEKITARPANTURA.COM,REMBANG-Bupati Rembang Abdul Hafidz bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, mengirimkan bantuan dua ratus paket lebih berupa sembako kepada warga terdampak banjir di Kecamatan Kragan, Senin (11/3). 

Setidaknya, banjir merendam 8 desa di Kecamatan Kragan, Kamis malam (07/03), meliputi Desa Sumurpule, Narukan, Woro, Sendang, Sendangwaru, Sudan, Terjan dan Desa Sumber Gayam.


Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan di Balai Desa Sumurpule. Sejumlah perwakilan warga dari delapan desa juga hadir bersama kepala desa masing- masing.



Menurut pengamatan pihak Desa Sumurpule dan PSDA Provinsi Jawa Tengah, banjir disebabkan sejumlah faktor. Di antaranya macetnya pintu bendungan di Desa Sudan, banyaknya bambu di pintu bendungan yang akhirnya membuat jebolnya dinding bendungan, termasuk sungai dan saluran airnya yang mengalami pendangkalan.

Bupati mengatakan, penanganan banjir akan diselesaikan mulai hulu sampai hilir tahun ini. Harapannya tidak akan terjadi banjir lagi.

“Normalisasi sungai dan saluran air di wilayah yang terdampak banjir segera akan dilakukan. Termasuk perbaikan pintu bendungan yang tidak bisa dibuka, jika itu kewenangan pemerintah pusat , maka kita segera mengirimkan surat ke pusat,” ungkapnya.

Selain itu, longsor yang terjadi di Desa Woro juga segera ditangani dan akan dibuat jalan permanen. Hal itu langsung mendapat apresiasi dari warga dan kades yang ada di lokasi tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU TARU) Sugiarto mengaku siap untuk menindaklanjuti instruksi dari bupati. Mulai besok, pihaknya akan menerjunkan tim untuk mensurvei kondisi di lapangan.

 “Untuk sungai atau saluran air yang dangkal kami akan mengerahkan alat berat. Kami harap warga juga bisa membantu kami untuk gotong- royong,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, bupati meminta masyarakat untuk tidak saling menyalahkan. Bupati juga menampung masukan warga dan kades agar penanganan banjir lebih maksimal.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Desa Terdampak Banjir di Rembang Dikirim Bantuan "

Post a Comment