Doakan Persatuan NKRI, Masyarakat Pati Gelar Kenduri Nusantara

SEKITARPANTURA.COM,PATI - Para pendahulu bangsa Indonesia bersusah payah berdamai dengan segala perbedaan dan menjaga keberagaman  agar selanjutnya dapat hidup berdampingan nan harmonis. Hal itu disampaikan Ipong Ismunarto, Ketua Panitia Kenduri Nusantra yang digelar di TPI Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, pada Sabtu (9/3/2019).

Untuk itu, sebagai warga Pati pihaknya terinspirasi dengan apa yang dilakukan oleh warga Solo melalui Doa Anak Negeri pada pekan lalu. 



Warga sedang mengikuti Kenduri Nusantara yang digelar di TPI Banyutowo


"Kami memiliki kegelisahan yang sama dengan saudara-saudara kami di Solo Raya. Doa Anak Negeri di Solo telah membagunkan kesadaran kami, kami memiliki tanggung jawab yang sama untuk  menyelamatkan bangsa.

Maka kini, kami berkumpul dan bersatu, menyatakan tekad kami  untuk terus merawat NKRI dan menjaga Indonesia. Memanjatkan doa memohon keselamatan negeri," ungkapnya.

Lanjutnya, dalam Kenduri Nusantara ini, juga ada Umbul Donga Larung Sukerto. Larung Sukerto adalah simbol untuk melarung atau membuang hal negatif atau tindak tanduk yang mengancam bangsa Indonesia.

"Pada dasarnya ritual ini sudah berlangsung turun temurun dengan harapan, warga Pati yang sebagiannya adalah nelayan menghaturkan syukur atas apa yang sudah Tuhan berikan melalui hasil lautnya dan menjaganya hingga akhir hayat," imbuhnya.


Sepasang kembang mayang akan dilarung ke laut


Kemudian ada juga tumpeng merah putih, yang disajikan dan didoakan pada acara tersebut, juga menjadi simbol semangat dan simbol kecintaan pada NKRI.

Dirinya juga berharap, kirab tradisi semacam ini tidak hanya berhenti di Solo dan Pati saja. Tetapi di berbagai wilayah Nusantara, harus terus melestarikan warisan para leluhur tersebut.

“Inilah saatnya kita menyatukan kembali kepingan-kepingan kerukunan. Merangkainya menjadi satu fragmen kehidupan yang menegaskan bahwa perbedaan itu adalah harmonisasi kehidupan,” pungkasnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Doakan Persatuan NKRI, Masyarakat Pati Gelar Kenduri Nusantara"

Post a Comment