Kampanyekan Bawa Botol Minum Sendiri

SEKITARPANTURA.COM,PATI – Menyongsong hari bumi, Komunitas Boemi menggelar aksi damai di acara car free day di depan Kantor Kabupaten Pati. Dalam aksinya itu mereka menyuarakan untuk bersama-sama mengurangi penggunaan sampah plastik.

Acara itu bahkan dimulai dengan pengambilan sampah dari sekitar Alun-alun Pati. Sampah yang terkumpul itulah yang kemudian dipamerkan di trotoar depan kantor Kabupaten Pati. Itu menjadi bentuk pengingat bahwa persoalan sampah masih menjadi keprihatinan tersendiri.

“Kami ingin masyarakat tahu masih ada sampah di depan mata yang dibuang begitu saja disembarang tempat. Sedangkan mayoritasnya adalah sampah kantong plastik,”terang Haris Rubiyanto perwakilan Komunitas Boemi.



Kampanyenya juga dilakukan dengan membagikan totebag dari kain bertuliskan “Bersama Kurangi Sampah Plastik” kepada sejumlah pengunjung CFD tersebut. Dengan pembagian tas kain itu mereka mengajak untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.

“Ketika berbelanja atau membeli apapun sekiranya memerlukan kantong, bisa menggunakan kantong tersebut. Jadi tak perlu memakai kantong plastik,”ujarnya.

Rupanya hal tersebut menjadi ketertarikan tersendiri bagi para pengunjung.Beberapa di antaranya bahkan berminat untuk membeli dan memberikan donasi sebagai ganti totebag tersebut meskipun dibagikan gratis.


“Selain mengajak untuk menggunakan kantong plastik, kami juga mengajak masyarakat Kabupaten Pati untuk menggalakkan kegiatan membawa botol minum. Tujuannya juga sama, untuk mengurangi konsumsi botol plastik sekali pakai,” tambahnya.

Selain komunitas Boemi, kegiatan tersebut juga didukung oleh SMAN 1 Pati, ALiansi Reaja Independent (ARI Pati), Jargun, Palupi dan individu lainnya. Kegiatan itu sendiri menjadi bagian dari rangkaian acara Hari Bumi. Totebag yang dibagikan sendiri merupakan hasil dari donasi dari lapak sablon yang dilakukan secara keliling kecamatan pekan lalu.

“Puncaknya kami akan menggelar penganugrahan tokoh lingkungan kabupaten pati yang akan dilakukan di Sekarjalak, Margoyoso Senin (22/4) ini. Kami akan memberikan penghargaan kepada orang yang punya ide, gagasan serta upaya pelestarian lingkungan yang dilakukan secara sadar dan bisa menginspirasi kita semua,”tambahnya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kampanyekan Bawa Botol Minum Sendiri"

Post a comment