TPS 01 Tampilkan Nuansa Batik Khas Desa Bumimulyo

SEKITARPANTURA.COM,PATI – Sebuah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Bumimulyo, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati tampil dengan gaya berbeda. Para petugas melayani pemilih dengan menggunakan pakaian khas, yakni Batik Asem Mujil, yang merupakan batik khas desa setempat.

TPS unik tersebut adalah TPS 01. Tidak hanya petugas saja yang mengenakan batik khas desa, tetapi pihak panitia juga menyediakan area  photo booth untuk selfie para pemilih yang telah menggunakan hak suaranya.

"Kita mengajak warga untuk meramaikan TPS. Ini salah satu cara menarik minat pemilih datang mencoblos. Dan, antusias warga ternyata sangat tinggi, dan mereka yang sudah mencoblos lalu foto-foto selfie di tempat yang telah disediakan,” ujar Muhammad Faisol, Ketua KPPS TPS 01 Desa Bumimulyo.



Dirinya menyampaikan, nuansa Batik Asem Mujil sengaja dihadirkan di lokasi TPS tersebut. Hal itu, untuk menunjukkan bahwa, di Desa Bumimulyo memiliki potensi yang luar biasa, yakni berupa kerajinan batik.

Hingga saat ini, katanya, sudah ada sekitar 50 motif batik khas Desa Bumimulyo. Namun demikian, yang ditampilkan pada lokasi TPS itu hanya beberapa saja. Seperti halnya motif Windu Sewu.

Sementara itu, Catik Maryani, salah satu warga yang menggunakan hak pilih di TPS 01 menyampaikan apresiasinya dengan adanya nuansa yang berbeda pada proses pemilihan presidan dan pemilihan legislatif di TPS tersebut.

“Baru kali ini ada photo booth. Ini sangat menginspirasi, apalagi yang ditampilkan adalah karya dari desa sendiri. Tentu hal ini bisa mengangkat karya-karya dari desa kita ke umum,” ungkapnya.

Dirinya juga mengaku sangat senang adanya konsep tersebut. “Sangat senang sekali. Baru sekali ini, sehabis nyoblos langsung selfie-selfie di photobooth. Apalagi backgroundnya adalah karya dari desa kita sendiri,” pungkasnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TPS 01 Tampilkan Nuansa Batik Khas Desa Bumimulyo "

Post a comment