Mudahkan Pelayanan,Ciptakan Aplikasi Surat Keterangan Online

SEKITARPANTURA.COM,PATI – Berbagai upaya terus dilakukan untuk memberikan kemudahan dalam hal pelayanan terhadap masyarakat. Di antaranya adalah terkait dengan urusan administrasi.

Seperti halnya yang dilakukan Pemerintah Kelurahan Pati Kidul, Kecamatan Pati, yang menciptakan sebuah aplikasi surat keterangan (suket) online. 

Aplikasi itu, untuk memudahkan warga, sehingga tak harus pergi ke kelurahan jika ingin mengurus suket. Aplikasi tersebut juga terintegrasikan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, sehingga datanya bisa update. Kedepan, aplikasi itu rencananya akan diaplikasikan ke seluruh daerah. 

Sekretaris Kelurahan Pati Kidul Nilam Ristiana sebagai pencetus aplikasi tersebut mengatakan, aplikasi tersebut bermula melihat warga yang antre dan harus ke kelurahan untuk mengurus administrasi. Dari sana, ia bekerja sama dengan berbagai instansi lain mewujudkan aplikasi itu. 



Menurutnya, aplikasi itu mulai dibuat pada Maret lalu dan sudah diluncurkan. Kelurahan Pati Kidul sebagai pilot project sudah mengaplikasikannya. Dari 12 jenis pelayanan, baru ada lima pelayanan paling banyak dicari sudah bisa menggunakan suket online. Sedangkan aplikasi lainnya bertahap. 

“Ada jangka pendek dan menengah. Kami bekerja sama dengan Kecamatan Pati untuk diaplikasikan ke semua kelurahan. Kemudian jangka panjangnya ini diaplikasikan ke semua desa di Kecamatan Pati dan kecamatan lainnya di Pati. Dari pemkab sangat mendukung karena mendukung program smart city dari Pak Bupati,” ujarnya kemarin. 

Nilam menjelaskan, sistem dari suket online itu pelayanannya secara manual. Untuk layanan suket online memanfaatkan sub domain pemkab. Sehingga warga bisa mengakses dan mendaftar langsung. Di sana ada form yang harus diisi pendaftar dan mencantumkan nomor telepon.

“Di admin keluarahan ada yang melakukan verifikasi data pendaftar. Jika sudah sesuai, maka akan memberitahukan kepada warga melalui telepon. Warga bisa datang ke kelurahan sambil membawa surat pengantar dari RT/RW,” lanjutnya. 

Suket online itu memudahkan warga mengurus administrasi. Sehingga tak harus bolak-balik ke kelurahan. Jadi bisa mendaftar melalui online di dalam rumah atau dimanapun. Jika sudah selesai, petugas akan menghubungi melalui telepon dan suket bisa diambil tanpa harus mengantre panjang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mudahkan Pelayanan,Ciptakan Aplikasi Surat Keterangan Online"

Post a Comment