Senin Mendatang,Jembatan Tanggulangin III Sudah Dibuka Usai Loading Test

SEKITARPANTURA.COM,KUDUS-Jembatan Tanggulangin III atau Kolonel Sunandar C yang menghubungkan Kabupaten Kudus dengan Kabupaten Demak, sudah siap dilewati saat arus mudik lebaran tahun ini. Hal itu diungkapkan Pejabat Pembuat Komitmen-Pelaksana Jalan Nasional (PPK-PJN) Jembatan Kolonel Sunandar C Alik Mustakim kemarin lusa.

Secara resmi, kata Alik, bangunan jembatan senilai Rp 115 miliar tersebut akan dibuka untuk umum pada Senin (20/5) sore mendatang. Sebelum dibuka, pada Jumat (17/5) hari ini akan dilakukan simulasi loading test. Kemudian pada Sabtu (18/5) pekan ini, akan dilaksanakan loading test untuk mengukur beban yang dapat diterima jembatan, yang memiliki panjang 170 meter dengan lebar 11 meter.

‘’Saat loading test akan diukur oleh 25 truk dengan masing berat 22 ton. Loading test akan dilaksanakan pada Sabtu mendatang,” jelasnya.

Foto / Istimewa


Adapun proses loeading test jembatan, kata Alik, akan dilakukan secara bertahap dengan sistem statis maupun dinamis. Secara statis artinya dimulai dari pembebanan jembatan 2 unit, 4 unit sampai maksimal. Kemudian bekurang lagi sampai minimal.

Diterangkan, pada saat proses pengurangan itu dilihat dari sisi lendutan, pergeserannya dan sebagainya. Selain itu, dilihat dari segi beban kejut jampingan. Pada saat proses uji kejutan, nantinya kendaraan dengan beban standar, akan dijatuhkan ke dalam jembatan.

‘’Dari proses itu bisa dilihat perilaku frekuensi strukturnya, apakah dia lebih tinggi jembatannya. Kami optimistis," terangnya.

Alik menambahkan, pada saat proses loading test, beban yang digunakan adalah sebesar 350 ton. Berat beban tersebut sekitar 72 %, dari beban jembatan Kolonel Sunandar C yang memiliki beban mencapai 500 ton.

‘’Nanti kita evaluasi hari Minggu. Senin (20/5) sore, kita akan open traffic atau pembukaan arus lalu lintas jembatan,’’ pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, pembangunan jembatan Tanggulangin III atau Kolonel Sunandar C dipercepat. Ditargetkan sebelum arus mudik lebaran 2019, jembatan senilai Rp 115,55 miliar tersebut sudah dibuka untuk umum.

Perwakilan PT Duta Mas Indah selaku pelaksana proyek Jembatan Kolonel Sunandar C, Tedy Rahman mengatakan pemasangan gelagar jembatan sudah dimulai sejak Minggu (10/2) pekan lalu. Setelah menyelesaikan pembangunan pondasi jembatan.

“Jika dilihat dari desain, konstruksi jembatan ini akan bertahan sekitar 100 tahun masa pemakaian,” terang Tedy kepada wartawan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Senin Mendatang,Jembatan Tanggulangin III Sudah Dibuka Usai Loading Test"

Post a Comment