Abaikan Larangan, Justru Orang Ini Nekat Buang Sampah di Tengah Jalan

SEKITARPANTURA.COM,PATI – Meski telah dicat dan diberi spanduk peringatan, namun rupanya masih ada saja yang membuang sampah di Jembatan Pangkalan, turut Desa Pohijo, Kecamatan Margoyoso Pati. Bahkan, pembuang sampah itu kian nekat, lantaran kini membuang di tengah jalan.

Disinyalir, pembuang sampah itu sengaja melakukannya dan mencari titik lengah warga. Padahal kawasan tersebut beberapa hari ini telah dijaga sejumlah pemuda maupun warga desa. Kejadian pembuangan sampah di tengah jalan itu sendiri diketahui pada Selasa (18/6) sekitar pukul 19.00 malam.

“Saat itu kebetulan tengah tidak ada yang menjaga. Saat para pemuda datang ke lokasi untuk berjaga ternyata sudah ada sejumlah sampah yang berserakan di tengah jalan,”terang Angga, salah seorang pemuda Desa Pangkalan, Kecamatan Margoyoso, yang turut berjaga di lokasi.

Salah seorang warga memungut sampah yang dibuang orang tak bertanggung jawab di tengah jalan


Sampahnya diketahui merupakan sampah rumah tangga. Yakni berupa popok bayi yang masih terdapat kotorannya. Sampah itu berserakan di tengah jalan.

Padahal di titik tersebut, telah terdapat papan peringatan yang jelas melarang membuang sampah sembarangan. Larangan itu berdasar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 tahun 2010 tentang Pengelolaan Sampah.

Di antaranya, yakni larangan membuang sampah di jalan umum, tempat umum, perairan umum, pantai dan laut, selokan, taman dan halaman orang lain. Bahkan setiap orang yang dengan sengaja melanggar perda tersebut dapat dikenakan sanksi pidana kurungan paling lama enam bulan dan atau denda paling banyak Rp 50 juta.

“Tapi sepertinya masih ada yang nekat melanggarnya. Hal itulah yang membuat para pemuda berjaga disini untuk mengawasi bila mungkin ada pembuang sampah sembarangan. Bahkan pada Selasa (18/6) kemarin Kepala Desa Pohijo dan perwakilan dari kecamatan turut menemani berjaga hingga dini hari,”terangnya. 

Warga memang berkehendak agar kawasan tersebut tidak lagi menjadi lokasi pembuangan sampah liar. Pasalnya, sebelumnya keberadaan sampah tersebut sangat mengganggu. 

Selain merusak pemandangan dan menyebabkan bau tak enak, sampah juga sampai berserakan ke jalan. Hanya saja sekarang ini sampah-sampah tersebut telah dibersihkan, di cat agar tampak menarik dan diberi papan larangan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Abaikan Larangan, Justru Orang Ini Nekat Buang Sampah di Tengah Jalan"

Post a Comment