Batik Bakaran Banyak Dipilih Jadi Seragam di Luar Pati

SEKITARPANTURA.COM,PATI – Batik Bakaran khas Pati rupanya kian dikenal tak hanya di Pati, namun juga hingga di luar daerah. Bahkan banyak yang mempercayakan seragam instansinya dengan memesan ke batik Bakaran.

Yuliati Warno, salah satu pengusaha batik bakaran mengamini jika pesanan dari luar daerah seringkali datang ke tempatnya. Pesanan itu pun seringkali dalam jumlah besar dan digunakan untuk seragam baik pegawai pemerintahan maupun perusahaan tertentu.

“Mereka biasanya meminta agar dibuatkan motif landmark daerah tempat asalnya. Seperti ada pegawai pemerintah di Jakarta yang minta dibuatkan motif ondel-ondel dan monas untuk dipakai seragam di sana. Atau ada pula motif tugu. Jadi tak sekadar untuk oleh-oleh saja,”terangnya.



Bahkan pesanan itu tak hanya berasal dari Jakarta saja, banyak juga yang datang dari Semarang, Lampung, maupun kota besar di seluruh Indonesia lainnya. Selain untuk seragam banyak pula butik yang memesan lantaran banyak digemari oleh para wisatawan.

“Sekarang ini juga banyak yang ingin jadi reseller. Mereka memesan dari Pati untuk dipasarkan di berbagai daerah. Atau pusat batik yang ingin menjadikannya koleksi. Bahkan terkadang ada yang mendapat tender batik di kota besar untuk dikerjasamakan dengan kami,”tambahnya.

Kini rata-rata dirinya saja mampu memproduksi antara 500 hingga 700 potong batik tiap bulannya. Jumlah tersebut biasanya akan jauh meningkat saat Lebaran. Pada lebaran tahun ini saja dirinya mampu menjual sebanyak 150 potong dalam dua hari.

“Kalau untuk harganya sendiri antara Rp 100 ribu hingga ada yang satu juta. Tergantung dari motif maupun tekhnik pewarnaannya,” terangnya.

Trend batik kini pun juga mulai banyak digunakan untuk seragam sekolah. Banyak sekolah yang menggunakan batik Bakaran untuk seragamnya. Hanya saja untuk batik seragam sekolah tersebut biasanya banyak yang memesan dengan tambahan logo dari sekolahnya.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Batik Bakaran Banyak Dipilih Jadi Seragam di Luar Pati"