Bupati Pati Monitoring Unit Layanan Pengadaan

SEKITARPANTURA.COM,,PATI- Bupati Pati Haryanto melakukan kunjungan ke Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Pati, kemarin. Ini merupakan salah satu aktivitas rutin pimpinan daerah untuk melakukan monitoring ke unit-unit pelayanan publik Pemkab Pati. 

Meskipun kinerja ULP Kabupaten Pati sudah mendapat pengakuan dari Pemprov Jateng, bahkan kerap direkomendasikan oleh KPK sebagai tujuan studi banding,  namun bupati tetap tak pernah absen untuk terus memberikan motivasi kepada para pegawai di unit ini. Hal tersebut, agar pegawai lebih meningkatkan kinerjanya. 

"Apalagi ULP ini langganan jadi tujuan dan rujukan studi banding daerah lain, tentu kami tak ingin kedodoran dan lengah. Pati harus terus berada terdepan dalam layanan ini," terang Haryanto. 

Untuk pengadaan barang jasa, terang bupati, ULP senantiasa mengedepankan inovasi dalam layanan. 

Foto / Humas Setda Pati


"Kita mempunyai inovasi e-Project paska kontrak yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan setelah kontrak. Jadi kita tidak akan tinggal diam, kalau dulu kita harus ke lapangan, sekarang ketika kita tidak ada waktu, kita cukup lihat lewat e-Project," ungkapnya. 

Menurutnya, setiap pekan akan ada perkembangan laporan dari penyedia dan pengawas, dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pun turut mengendalikan laporan tersebut.

"Inilah inovasi yang terbangun dengan sistem, sehingga rekanan tidak perlu susah payah karena pemantauannya bisa hanya lewat ponsel pintar," lanjut bupati.

Dengan transparansi, lanjut bupati, selain bisa mencegah penyimpangan juga dapat berdampak pada efisiensi anggaran dari tahun ke tahun. 

"Pada 2018 efisiensinya hanya 6 persen, sedangkan untuk pertengahan 2019 sudah mencapai efisiensi hingga 14 persen lebih. Ini merupakan bukti bahwa pengadaan barang dan jasa bisa diterima rekanan," lanjutnya. 

Lebih lanjut Haryanto menegaskan, bahwa selama ini pengadaan barang dan jasa tidak begitu banyak komplain karena sistemnya sudah berjalan. "Semua aturan yang sudah diketahui rekanan harus dipatuhi dan diikuti," tegas bupati. 

Dalam kesempatan itu, Haryanto juga berkesempatan untuk berdialog langsung dengan sejumlah pejabat pengelola ULP guna mengetahui berbagai kendala dan keluhan yang dialami. 


Selain itu bupati juga memberikan motivasi agar pengelola ULP bisa profesional dan tidak takut terhadap ancaman atau teror yg mungkin saja terjadi selama menjalankan tugasnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bupati Pati Monitoring Unit Layanan Pengadaan "

Post a Comment