Cerita Roro Mendut Diangkat pada Ajang FLS2N

SEKITARPANTURA.COM,PATI – Penyelenggaraan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Dinas Pendidikan (Disdik) Wilayah III Jawa Tengah rupanya turut memunculkan hal menarik.

Cerita rakyat yakni Roro Mendut turut muncul dalam lomba yang digelar di rumah dinas eks Bakorwil Pati Selasa (25/6) kemarin.

Cerita itu disuguhkan dalam kemasan teater sebagai salah satu mata lombanya. SMK Jateng lah yang membawakan cerita tersebut. Berkat kepiawaian siswa dalam memainkannya, sekolah tersebut kemudian berhasil keluar sebagai juara ketiga.



Kepala cabang Dinas Pendidikan wilayah III Provinsi Jateng Sunoto mengatakan, lomba kali ini digelar sebagai tahapan seleksi peserta yang berasal dari Kabupaten Kudus, Pati dan Rembang. Total ada empat mata lomba dalam FLS2N tersebut. Yakni tari tradisional, film pendek, menyanyi solo, dan lomba teater.

“Jadi ini seleksi awal. Untuk juara dalam seleksi kali ini rencananya akan kami kirim untuk mengikuti perlombaan tingkat Jawa Tengah yang rencananya digelar di Surakarta pada Juli mendatang,”tambahnya.

Kegiatan semacam ini sendiri dikatakannya menjadi bagian dari pendidikan karakter. Dengan kesenian diharapkan anak-anak dapat melatih kepekaan terhadap seni dan ikut melestarikan tradisi budaya yang menjadi kekayaan lokal.

“Ini untuk meningkatkan kedewasaan anak ini dari berbagai sumber di antaranya seni dan kreatifitas anak-anak kita itu sangat bonafit,” ujarnya.

Dikatakannya, saat ini tingkat prestasi siswa di wilayah kerjanya dinilai membanggakan. Bahkan mampu mengharumkan nama daerah di tingkat internasional. Seperti siswa SMK di Kudus yang mampu sukses mencengangkan dunia dengan menggelar fashion show di Paris.

“Pada ajang Lomba Keterampilan Siswa (LKS), Jateng pun mampu melaju ke tingkat nasional bahkan dunia. Dan rupanya itu tak hanya didominasi siswa dari kota saja namun justru banyak yang dari desa,” pungkasnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cerita Roro Mendut Diangkat pada Ajang FLS2N"

Post a Comment