Pakai E-Pilkasis, Pilih Ketua OSIS SMKN 1 Cluwak Cuma Satu Menit

SEKITARPANTURA.COM,PATI - Perkembangan teknologi saat ini turut dimanfaatkan beberapa sekolah di Indonesia pada pelaksanaan pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dengan menggunakan pemilihan secara elektronik. Seperti yang dilakukan SMKN 1 Cluwak, Pati menggelar pemilihan Ketua OSIS berbasis elektronik, yaitu E-Pilkasis, Kamis (17/10/2019).


Pemilihan Ketua OSIS dengan sistem tersebut, berbeda dengan tahun sebelumnya yang menggunakan sistem pencoblosan secara manual. Kali ini, pemilihan Ketua OSIS periode 2019-2020 yang diikuti seluruh siswa sudah menggunakan sistem elektronik berbasis android.


Pemilihan dimulai pukul 08.00 WIB. Siswa datang dicek namanya per kelas. Lalu melakukan tanda tangan. Kemudian masuk bilik komputer untuk memilih satu ketua OSIS dan sesuai hati nuraninya. Proses pemilihan berjalan cukup singkat. Karena hanya butuh waktu antara 1-3 menit. Di dalam bilik, pemilih hanya cukup mengklik nama yang akan dipilih.

Siswa sedang menyalurkan hak suaranya dalam pemilihan Ketua OSIS SMKN 1 Cluwak


"Usai siswa melakukan pemilihan di bilik suara dengan sistem elektronik tersebut, lalu siswa mencelupkan jarinya ke tinta sebagai tanda sudah memilih," ujar Aris Budiyono, Kepala SMKN 1 Cluwak.

Lanjutnya, setelah memilih di laptop server secara langsung akan muncul hasil perhitungan dalam bentuk tabulasi presentase, diagram, grafik maupun angka. Setiap kali suara yang masuk akan otomatis terhitung.

"Dengan penggunaan E-Pilkasis ini, siswa juga senang karena ringkas. Tidak perlu menghitung manual suara sah. Semua suara masuk sah. Cepat prosesnya. Langsung bisa diketahui hasilnya. alias super quick count. Tidak banyak biaya. Dan untuk yang belum pernah pegang komputer jadi tahu,"
 imbuhnya.

Penerapan E-Pilkasis ini,katanya juga melatih siswa memilih secara Luber dan Jurdil sesuai pilihan masing-masing. Penerapan E-Pilkasis ini, selain praktis juga menghemat waktu dan menghindari kecurangan. “Kita mencoba untuk memulai E-Pilkasis. Ternyata jauh lebih ringkas dan irit biaya. Dan mengajari literasi teknologi secara tidak langsung kepada warga sekolah,” cetusnya.

Yang tidak kalah menarik katanya dalam pelaksanaan Pilkasis ini, siswa yang tidak memiliki tugas di luar, yakni praktik magang di beberapa perusahaan, tidak perlu repot-repot untuk datang ke sekolah dalam menyuarakan hak pilihnya.

"Siswa yang lagi magang di luar, dengan penerapan E-Pilkasis ini, bisa juga ikut memilih tanpa perlu meninggalkan tugasnya. Karena mereka bisa memilih lewat android. Di mana, dari pihak panitia mengirimkan nomor pasword untuk mengakses, kemudian tinggal memilih calon sesuai hati nurani," ungkapnya.

Sementara itu, Louise Eka Febeightiyana Danila, Ketua Panitia Pemilihan Ketua OSIS menyampaikan, untuk pemilihan Ketua OSIS periode 2019-20120 ini, diikuti oleh empat calon. Yakni, Titeh Asmoro, Meliyani Hidayatul Fatikah, Pradika Dwi Anggoro dan Yogy Adi Pratama.Sedangkan untuk jumlah pemilih
 sebanyak 1.038 orang.

"Dari hasil pemilihan Ketua OSIS kali ini, Pradika Dwi Anggoro dinyatakan sebagai pemenang, dengan perolehan suara 371. Pradika suaranya mengungguli tiga kandidat lainnya," ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, nantinya Ketua OSIS terpilih memiliki hak prerogatif untuk menentukan wakilnya dalam mengemban amanah selama satu tahun ke depan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pakai E-Pilkasis, Pilih Ketua OSIS SMKN 1 Cluwak Cuma Satu Menit"

Post a Comment