Punjulharjo Wakili Jawa Tengah Pada Lomba Desa Wisata Nusantara

SEKITARPANTURA.COM,REMBANG-Desa Punjulharjo yang moncer dengan objek wisata Pantai Karangjahe dinominasikan mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam Lomba Desa Wisata Nusantara 2019 tingkat nasional.

Dari 158 peserta desa wisata se-Indonesia diseleksi melalui kiriman video, tersisa 28 desa yang tersebar di seluruh Nusantara, termasuk Desa Punjulharjo.

Tim verifikasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Rabu (16/10) berkunjung ke Rembang untuk melakukan verifikasi ke Desa Punjulharjo, Kecamatan Rembang. Rombongan disambut oleh Wakil Bupati Bayu Andriyanto di Rumah Dinas Bupati.

Ketua tim verifikasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Iwan Yuliadi menyebutkan, lomba Desa Wisata Nusantara 2019 diikuti sebanyak 158 desa dari 90 kabupaten dan 25 provinsi se-Indonesia.

Pantai Karangjahe yang berada di Desa Punjulharjo


Ada beberapa hal yang perlu dilihat dalam desa wisata sehingga memiliki kategori baik.

"Tahap verifikasi yang dilakukan di antaranya lapangan atau titik lokasinya seperti apa, infrastruktur penunjang, serta administrasi dan pembukuannya," ungkapnya.

Kepada tim dari kementerian, Wabup Bayu Andriyanto mengatakan, Pantai Karangjahe merupakan salah satu tempat berlibur yang banyak digemari para wisatawan. Baik dari wisatawan lokal maupun luar daerah.

"Jika membahas wisata di Kabupaten Rembang, ada banyak sekali tempat wisata yang berhubungan dengan pantai. Selain Pantai Karangjahe, terdapat Pantai Caruban, Pantai Nyamplung, hutan mangrove atau biasa disebut jembatan merah, hingga pantai balong mulyo di Kecamatan Kragan dan Pantai Wates di Kecamatan Kaliori," terangnya.

Menurut Wabup Bayu, Kabupaten Rembang memiliki potensi wisata pantai yang luar biasa yang tidak dimiliki kabupaten lain. Dengan potensi tersebut, pemkab juga untuk menguatkan partisipasi masyarakat, kerja sama dan kemandirian masyarakat yang dilandasi dengan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat di bidang ekonomi melalui destinasi desa wisata.

"Alhamdulillah sekarang muncul gerakan dari BUMDes masing-masing, saya berharap pemberdayaan masyarakatnya muncul. Sehingga dampak multiplayer terhadap perekonomian. Antara desa satu sama yang lain berlomba lomba untuk menampilkan potensi desanya menjadi sebuah unggulan," katanya.

Pihaknya berharap, Desa Karangjahe mampu melenggang ke tahapan berikutnya dalam Lomba Desa Tingkat Nasional

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Punjulharjo Wakili Jawa Tengah Pada Lomba Desa Wisata Nusantara"

Post a Comment