Kirab Budaya Dalam Rangka Haul Syech Nur Bayyin Berlangsung Meriah

SEKITARPANTURA.COM,PATI – Haul Syech Nur Bayyin Dukuh Pandahan, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, dimeriahkan dengan kirab budaya yang diikuti seluruh warga desa setempat. Tak ketinggalan, Pemerintah Desa (Pemdes) Tamansari turut serta ikut memeriahkan kegiatan yang dilangsungkan pada Jumat (8/11).

Pada kesempatan itu, perangkat desa yang turut meramaikan kirab budaya tampil mengenakan busana khas militer. Tak hanya busana, mereka juga membawa peraga atau miniatur senapan dan juga menaiki kendaraan jeep.

“Kalau untuk kirab ini sebenarnya rutin digelar setiap tahunnya. Namun, khusus untuk pemerintah desa, memang baru kali pertama ini ikut terlibat langsung dalam kirab budaya,” ujar Sudihawan, Sekretaris Desa Tamansari.

Ia sampaikan, keikutsertaan pemerintah desa pada kirab budaya tersebut merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap masyarakat yang memiliki kekompakan untuk merawat tradisi dan menghormati tokoh yang memiliki peran penting di Desa Tamansari, yakni Syech Nur Bayyin.



Dirinya menyebut, Syech Nur Bayyin merupakan sosok yang dulunya merupakan tokoh penyebar agama Islam di Desa Tamansari, khususnya di Dukuh Pandahan.

Syeh Nur Bayyin sendiri merupakan prajurit dari Kerajaan Demak, yang diutus untuk menyebarkan agama Islam. “Nah tempat yang menjadi pusat penyebaran Islam, dulunya itu di Dukuh Pandahan,” ungkap sekdes.

 Dalam hal ini, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah guyub untuk bersama-sama memberikan penghormatan kepada tokoh atau ulama yang telah menyebarkan agama Islam di desanya.



Tak hanya itu, dirinya berharap, sikap guyub rukun dan gotong royong yang ada di tengah masyarakat bisa terus terjaga. Karena, kegiatan seperti ini menjadi salah satu media untuk meningkatkan sikap kegotongroyongan tersebut ataupun menumbuhkan kerukunan di antara warga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kirab Budaya Dalam Rangka Haul Syech Nur Bayyin Berlangsung Meriah"

Post a Comment