Satgas Incar Botoh Pilkades di Pati


SEKITARPANTURA.COM,PATI - Sebagai upaya untuk menindak adanya praktik perjudian (botoh) dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak, Kapolres Pati AKBP Bambang Yudhantara Salamun membentuk Satuan Tugas (Satgas) anti botoh. Selain itu, Kapolres juga membentuk satgas anti politik uang.

Setidaknya ada 50 personel yang akan menggerakkan dua satgas tersebut. Mereka diambilkan dari satuan resere kriminal (satreskrim), Intel maupun satuan yang lainnya.

"Alasan kami membentuk satgas anti botoh dan satgas anti politik uang ini, karena botoh sangat merugikan para calon dan merusak proses demokrasi desa," katanya usai melantik satgas anti botoh dan satgas anti politik uang di halaman Mapolres Pati, Senin (16/12/2019).




Lebih lanjut, untuk cara kerja satgas anto botoh sendiri, akan melakukan upaya pencegahan dan merespon cepat laporan dari masyarakat. Setelah itu akan melakukan penyelidikan dan melakukan penindakan sesuai dengan hukum yang berlaku.

Dia mengaku sudah keliling di 11 kecamatan untuk mengetahui masalah. Ternyata, banyak keluhan masyarakat terkait politik uang dan botoh. Hal itu juga menjadi dasar kapolres untuk membentuk dua satgas tersebut.

"Kami akan cepat dan tegas. Saat ada laporan, pada saat itu juga satgas harus turun dan mengecek serta melakukan identifikasi. Kalau ada indikasi pidana, maka harus segera ditindaklanjuti," imbuhnya.

Dalam mencegah botoh tersebut, lanjut Bambang, memang butuh komitmen dan integritas di lapangan. Namun, pihaknya yakin dengan adanya satgas itu, peredaran botoh akan lebih mudah dicegah dan ditindak.

Pergerakan botoh ini sudah kami petakan. Satgas akan gencar sehari sebelum pelaksanaan pilkades. Karena, pada saat itu, botoh juga gencar. Kemudian, yang tak kalah penting adalah pada 21 Desember dini hari atau sesaat sebelum pilkades dimulai. Pada saat itu, botoh juga sangat gencar mempengaruhi pemilih.

"Apabila tim tidak bisa bekerja dengan baik, lewat waktunya, ya sudah, maka hasilnya tidak akan maksimal," tutupnya.



#PILKADESSERENTAK #PILKADESPATI #BOTOH

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Satgas Incar Botoh Pilkades di Pati"

Post a Comment