SMAN 1 Pati Kembalikan Uang Pembayaran SPP

SEKITARPANTURA.COM,PATI – Orang tua siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Pati kini patut sumringah. Salah satu sekolah favorit di Pati itu kini telah menggratiskan uang SPP. Hal itu menyusul arahan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Kebijakan itupun langsung dilakukan pada Januari ini pula. Bahkan Kamis (16/1) kemarin, sekolah mengembalikan uang SPP siswa yang telah terlanjur dibayarkan. Total ada lebih dari Rp 152 juta yang dikembalikan ke orang tua.

Hal itu tentu disambut bahagia oleh para orang tua. Febi, salah satu orang tua murid mengaku sangat berterima kasih. Dengan digratiskannya SPP itu, maka siswa dapat lebih semangat lagi dalam mencari ilmu maupun terpacu untuk berprestasi.

“Sebagai orang tua, tentu saya sangat senang kalau pengembalian uang SPP ini. Namun di sisi lain, saya berharap hal ini tidak mengurangi adanya kegiatan yang ada di sekolah dan membuat kualitas sekolah juga menurun,”ujarnya saat menerima pengembalian uang SPP dari SMAN 1 Pati.



Sementara itu, Kepala SMAN 1 Pati Kaslan menyampaikan, jika pengembalian kelebihan uang SPP tersebut, setelah  Gubernur Jawa Tengah menggelar rapat bersama seluruh kepala SMK, SMA, dan SLB pada akhir tahun 2019 lalu terkait pembebasan SPP.

“Dari instruksi Gubernur terkait pembebasan SPP per bulan Januari inilah kami sikapi dengan segera mengembalikan kelebihan bayar yang ada pada kami. Total ada Rp 152 juta lebih yang kami kembalikan kepada 398 siswa,”ujar Kepala SMAN 1 Pati Kaslan.

Pengembalian itu pun diberikan secara langsung kepada siswa. Mereka mendapatkan uang tunai sesuai dengan kelebihan dari SPP yang sudah dibayarkan.
Menurutnya, pengembalian uang SPP yang telah dibayarkan tersebut bervariasi. Sebagian ada enam bulan, lima bulan dan ada yang dua bulan.

Sebagai gantinya, pemerintah provinsi per tahun memberikan BOSDA atau Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) sebesar Rp 1.240.000 per siswa per tahunnya. Kini pihaknya akan siap mengoptimalkan anggaran tersebut secara efektif dan efisien.

Meski SPP digratiskan, menurutnya bukan berarti  kualitas menurun. Sebab, pihaknya berkomitmen, jika prestasi tetap nomor satu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SMAN 1 Pati Kembalikan Uang Pembayaran SPP"

Post a Comment