Hartopo Ajak Warga Disiplin Terapkan 3 M untuk Cegah Covid-19

SEKITARPANTURA.COM, KUDUS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus terus berkomitmen menekan sebaran kasus Covid-19. Pelbagai upaya telah dilakukan, mulai dari pencegahan hingga penanganan. Masyarakat diminta untuk terus waspada dan selalu menerapkan  3 M (menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker) secara disiplin. 


Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo saat menerima kunjungan lapangan Liasion Officer (LO) Satgas Covid-19 Pusat Brigjen Pol (Purn) Oneng Subroto di Pendapa Kabupaten Kudus, Kamis (26/11/2020).


"Kami terus berupaya untuk menekan kasus Covid-19 di Kudus. Masyarakat harus sadar bahwa penerapan protokol kesehatan ini sangat penting. Maka, ayo selalu terapkan 3 M," katanya.


HM Hartopo saat menerima kunjungan lapangan Liasion Officer (LO) Satgas Covid-19 Pusat Brigjen Pol (Purn) Oneng Subroto di Pendapa Kabupaten Kudus, Kamis (26/11/2020). Foto: Ist

Selain itu, Plt Bupati menjelaskan, RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus telah memiliki alat Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) yang merupakan bantuan dari CSR PT Djarum. Adanya alat tersebut, menjadikan RSUD dr Loekmono Hadi sebagai rujukan pasien Covid-19 di wilayah eks Karesidenan Pati. Sebab, hasil swab test langsung dapat diketahui. 


Tak hanya itu, Plt Bupati juga melaporkan, Kudus merupakan kota industri. Artinya, sebagian besar masyarakat Kudus menggantungkan hidupnya di sektor tersebut. Pihaknya pun tak ingin aktivitas industri mati. Oleh karena itu, orang nomor satu di Kudus tersebut meminta perusahaan agar disiplin menerapkan protokol kesehatan.


"Kudus ini kota industri, Pak. Jadi, kami tidak ingin masyarakat susah. Maka, mereka boleh kerja tapi saya minta perusahaan terapkan protokol kesehatan yang sangat, sangat ketat," imbuhnya.


Hartopo juga menyampaikan, berbagai bantuan, baik alat pelindung diri (APD) maupun bantuan sosial telah disalurkan kepada tenaga kesehatan maupun masyarakat yang membutuhkan. Terbaru, lanjut Hartopo, bantuan APD diserahkan ke pondok pesantren, di mana aktivitas santri berangsur normal.


"Seluruhnya (bantuan) telah kami sampaikan. Terakhir, di pesantren. Ini adalah komitmen kami agar kasus Covid-19 di Kudus dapat ditekan," pungkasnya.


Sementara itu, Brigjen Pol (Purn) Oneng Subroto mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Kudus dalam upaya penanganan dan pencegahan virus Corona. Pihaknya juga memberi acungan jempol bagi Kudus yang memiliki alat RT-PCR sendiri. Tak lupa, purnawirawan Polri itu juga mengingatkan pentingnya menerapkan 3 M.


"Sangat bagus Kudus. Apalagi, punya alat RT-PCR ini. Terus semangat untuk menekan angka Covid-19. Selalu terapkan 3 M secara konsisten," ungkapnya. 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Hartopo Ajak Warga Disiplin Terapkan 3 M untuk Cegah Covid-19"

Post a Comment