Warga Kedungwinong Pati Tolak Proyek SUTET

SEKITARPANTURA.COM, PATI- Warga Desa Kedungwinong, Kecamatan Sukolilo, Pati menduduki tapak proyek pembangunan tiang jaringan listrik Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET), Kamis (3/12/2020). Mereka menolak apabila jaringan SUTET tersebut melintas di permukiman warga.


Mereka melakukan tahlilan sebagai aksi damai agar pihak PT PLN mengalihkan proyek tersebut. Mengingat, apabila SUTET tetap melintas di permukiman warga, tentu akan sangat membahayakan nyawa.


Ibu-ibu rumah tangga yang rumahnya dilewati sutet, turut hadir membentangkan poster bertuliskan penolakan kabel SUTET melintasi rumah warga. Deru tangis dan lantunan shalawat pun menggema di lokasi proyek.


Warga Kedungwinong tolak proyek SUTET yang melintasi pemukiman. Foto: Ist


Tokoh masyarakat Desa Kedungwinong Maswan mengatakan, penolakan warga sebenarnya sudah sejak pertama proyek itu disosialisasikan, yakni pada 2013 silam. Namun, hal itu sama sekali tidak digubris oleh pihak PT PLN.


"Kami juga sudah pernah braudiensi dengan pihak Kabupaten (Pati) agar proyek itu dialihkan. Tapi hingga saat ini juga tidak ada respon," ungkapnya.


Pihaknya juga mengaku pernah menanyakan terkait analisis dampak lingkungan (Amdal) atas pendirian SUTET itu kepada pemegang proyek. Namun hingga saat ini dia belum pernah melihat amdalnya.


"Ini proyek negara, kami sebagai warga terdampak meminta Amdal, tapi tidak dikasih. Kami minta proyeknya dialihkan, tapi malah tidak dialihkan," jelasnya.


Dia menegaskan, warga tidak menolak pendirian SUTET, tetapi warga meminta agar kabel jangan sampai melewati permukiman. Karena dampak radiasi akan sangat membahayakan warga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Warga Kedungwinong Pati Tolak Proyek SUTET "

Post a Comment