Gotong Royong Diminta Bukan Hanya Menjadi Slogan

SEKITARPANTURA.COM,REMBANG - Gotong royong jangan hanya menjadi slogan saja, tetapi harus ada aksi yang menunjukkan kebersamaan masyarakat dalam tujuan pembangunan. Gotong royong sangat penting, jika ditinggalkan masyarakat maka sangat berbahaya bagi kelangsungan bangsa dan negara.

Hal itu disampaikan Bupati Rembang Abdul Hafidz saat memberikan sambutan di kegiatan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XIVdan Hari Kesatuan Gerak  Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK ) ke 45 di lapangan desa Soditan Kecamatan Lasem, Kamis (18/5/2017). 

Peringatan tersebut menjadi momen untuk mengingatkan masyarakat  tentang gotong royong yang saat ini sudah mulai ditinggalkan masyarakat utamanya daerah perkotaan.



“Di era globlalisasi ini teknologi memang sangat penting, namun budaya yang sudah tertanam baik tidak boleh dilupakan salah satunya gotong royong. Maka melalui pencanangan bulan gotong royong ini saya minta kepada semua elemen masyarakat kabupaten Rembang untuk bisa saling membantu, bahu membahu dan saling menghormati,”ujarnya.

Selanjutnya Bupati juga mengapresiasi kegiatan PKK baik mulai tingkat kabupaten sampai ke desa yang selama ini telah menunjukkan kiprahnya dalam membantu pemkab untuk mendorong kesejahteraan masyarakat.

“Mereka tidak dibayar tapi semangatnya luar biasa, kadang kerja sampai tengah malam. Hasil kerja yang diperoleh juga sangat positif untuk mendukung pembangunan, untuk itu saya minta mulai tingkat OPD sampai desa agar meningkatkan peran PKK dengan berbagai kebijakan yang ada,”imbuhnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Rembang Hasiroh Hafidz menambahkan, tujuan dilaksanakannya kegiatan peringatan BBGRM dan HKG PKK yakni untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat dalam pembangunan berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong royongan. Tema yang diangkat tahun ini “Dengan gotong royong perkuat solidaritas sosial dan transparansi menuju Rembang madani”.


Dalam rangka peringatan BBGRM dan HKG PKK tahun ini digelar berbagai macam lomba seperti lomba pidato antar PKK desa atau Kelurahan, lomba penyuluhan, lomba tari daerah  serta lomba evaluasi 10 program pokok PKK tingkat desa, lomba evaluasi 10 program pokok PKK tingkat Kecamatan dan lomba usaha peningkatan pendapatan keluarga.

Sebelum kegiatan seremonial dimulai linmas mengarak gunungan yang berisi sayur-sayuran, palawija dan jajanan yang diikuti oleh Bupati, , Wakil Bupati Bayu Andriyanto, Ketua TP PKK Kabupaten Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Vivit Dinarini, Forkopimda, Forkopimcam, Kepala Desa se Kecamatan Lasem. Setelah Forkopimda melepas burung dara gunungan langsung diperebutkan warga dan pelajar di lokasi. (*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gotong Royong Diminta Bukan Hanya Menjadi Slogan"

Post a Comment