Keren! Batik Kudus Mendunia

@foto : balijava

Popularitas batik kian mendunia, salah satunya adalah Batik Kudus. Kali ini, desainer Indonesia, yakni Denny Wirawan berkesempatan unjuk gigi di kancah fashion dunia. Melalui Balijava koleksi Batik Kudus, Denny Wirawan bersama Bakti Budaya Djarum Foundation berlaga di Fashion Gallery New York Fashion Week (FGNYFW) 2016 pada 15 Februari 2016 waktu setempat di ‎Ballroom Hotel Affinia Manhattan, New York.  ‎

Sebanyak 15 koleksi Batik Kudus dalam lini etnik Balijava dipamerkan di hadapan para pencinta mode di level internasional tersebut.

FGNYFW merupakan bagian dari rangkaian acara NYFW yang dikenal sebagai salah satu kiblat fashion dunia. Para desainer dunia berkesempatan menampilkan hasil karya mereka di NYFW ini dalam empat bagian acara, yaitu New York Fashion Week Main Tent, Style New York Fashion Week, Couture New York Fashion Week dan FGNYFW.

Untuk Fashion Gallery sendiri merupakan runway para desainer yang bertalenta dengan lini busana siap pakai (prêt-à-porter) yang juga merupakan fokus Denny untuk Balijava dengan koleksi Batik Kudus dengan tema “Padma”. 

"‎Sebuah kebanggaan bagi saya membawa batik Indonesia yang kali ini menggunakan Batik Kudus go international di runway Fashion Gallery New York Fashion Week 2016. Ini sekaligus memperkenalkan pada pecinta fashion bahwa batik Indonesia tampil modern, elegan dan mengikuti perkembangan tren fashion dunia," ungkap Denny.

Padma atau bunga Lotus merupakan motif asli Batik Kudus. Dalam pagelaran ini, warna yang ditampilkan lebih gelap, seperti blue navy, green olive, beige, dan hitam untuk menyesuaikan dengan tema musim gugur dan musim dingin. Gaya yang ditawarkan adalah ready to wear deluxe dengan atasan, outer, long skirt, celana panjang, cape, long coat, serta gaun panjang yang bertumpuk (layering) dan semuanya bisa dipadupadankan‎ (mix and match).  

Sementara dari sisi motif Batik Kudus yang digunakan adalah motif wajikan, beras kecer dan kotak geometrik sebagai dasar, berpadu menarik dengan motif utama bunga Lotus. Pada penampilan koleksi pertama hingga ke 10, Denny menampilkan rancangan yang fresh, modern, dan edgy. 

Untuk atasan, Denny terinspirasi dari keanggunan perempuan Indonesia di masa silam yaitu kebaya yaitu pakaian  perempuan Jawa dan siluet beskap atau pakaian pria Jawa, menjadi busana perempuan siap pakai yang sarat kekinian. 

Sementara pada koleksi kesebelas hingga lima belas, gaya glamor dan elegan mendominasi Balijava dengan koleksi Batik Kudus.  Tampak rancangan gaun panjang yang bertumpuk dengan long coat dan cape, dengan motif beras kecer sebagai dasar dan bunga Lotus sebagai motif utama.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keren! Batik Kudus Mendunia "

Post a Comment