Gerhana Matahari Bakal Lewati Daerah di Jawa Tengah Ini

foto : sekitarpantura.com

Warga yang berada di Jawa Tengah bisa menyaksikan gerhana matahari pada 9 Maret 2016. Namun demikian, gerhana yang terjadi di Jawa Tengah bukan gerhana matahari total (GMT) tetapi hanya gerhana parsial atau sebagian.

Meski begitu, fenomena gerhana ini tetap bisa dinikmati warga di Jawa Tengah. Mereka bisa menyaksikan suasana langit yang perlahan berubah seperti senja saat matahari tertutup sebagian oleh piringan bulan. 

Namun, yang perlu diperhatikan, gerhana matahari sebagian (GMS) ini tidak bisa dilihat langsung dengan mata terlanjang, karena sinar matahari yang bisa membahayakan retina.

Masyarakat yang ingin menyaksikan GMS harus menggunakan alat bantu berupa kacamata khusus gerhana atau kamera lubang jarum dan lainnya. Penggunaan alat bantu ini untuk menghalau masuknya sinar matahari ke retina.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam keterangannya mengatakan, gerhana matahari sebagian di Jawa Tengah akan dimulai pada pukul 06.20 WIB, puncak gerhana terjadi pada pukul 07.24 WIB dan gerhana akan berakhir pada pukul 08.35 WIB. Durasi gerhana yang teramati di Jawa Tengah rata-rata adalah 2 jam 15 menit.

kemudian, untuk daerah di Jawa Tengah yang dilewati gerhana matahari sebagian adalah Semarang, Cilacap, Brebes, Tegal, Slawi, Purwokerto, Pemalang, Purbalingga, Kajen, Kebumen, Pekalongan, Banjarnegera, Batang, Wonosobo, Purworejo, Temanggung, Kendal, Magelang, Mungkid, Ungaran, Salatiga, Klaten, Boyolali, Demak, Jepara, Surakarta, Kudus, Sukoharjo, Purwodadi, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Pati, Rembang dan Blora.

Terkait peristiwa gerhana matahari ini, beberapa daerah di Jawa Tengah juga sudah menyiapkan untuk nonton bareng, di antaranya di Kudus.

Badan HisabRuqyat Daerah (BHRD) Kudus misalnya. Pihaknya mengajak masyarakat masyarakat untuk dapat nonton bareng gerhana matahari di Masjid Agung. 

Dalam hal ini, pihak BHRD Kudus juga sudah menyiapkan teropong, untuk nantinya digunakan menyaksikan gerhana matahari secara bersama-sama di serambi Masjid Agung Kudus.Di sana, nantinya juga disediakan dua layar lebar yang ditaruh di dalam dan depan masjid. Sehingga, masyarakat juga bisa menyaksikan dari alun-alun.

Baca juga : Gara-gara Minyak Jelantah, Pemuda Asal Pati Ini Borong 4 Penghargaan di Malaysia


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Gerhana Matahari Bakal Lewati Daerah di Jawa Tengah Ini "

Post a Comment