Asal-usul Nama Brebes

Masjid Agung Brebes tempo dulu/Istimewa 

Ada beragam versi mengenai asal-usul nama Brebes. Seperti dalam buku "Legenda, Mitos dan Sejarah 35 Kota di Jawa Tengah" yang ditulis Hadi Priyanto, nama Brebes berasal dari kata Bara dan Basah. Bara berarti hamparan tanah luas, yang basah, banyak mengandung air. Lalu, kata Bara diucap Bere, seangkan Basah diucapkan Besah. Lama kelamaan, ucapan itu menjadi Brebes. Dalam bahasa Jawa, Brebes berarti mrebes atau mrembes, yang berarti selalu ke luar airnya.

Kemudian, dalam Brebes juga ada yang mengartikan berawal dari sejarah masuknya agama Islam ke Brebes. Meski masuknya agama Islam ke Brebes awalnya banyak mendapat pertentangan atau rintangan, tetapi Islam tetap merembes masuk ke daerah ini.

Dalam bahasa daerah, merembes menjadi mrembes, lalu bahasa daerah setempat menyebut Berbes dan akhirnya menjadi Brebes.

Bukan hanya itu saja, versi lain juga menyebut, jika kata Brebes berasal dari nama Gunung Baribis yang terletak di antara Selem- Bantar Kawung. Dari Gunung Baribis, mengalir Sungai Baribis. Sungai ini sangat angker, gawat, dan banyak buayanya. 

Konon, buaya-buaya di Sungai Baribis merupakan jelmaan dari para makhluk halus. Maka sungai itu banyak yang menganggap sungai itu sebagai sungai yang keramat. Ada pamali, bila sedang berperang dilarang ada yang menyeberangi sungai ini. Sebab, kalau nekad menyeberangi sungai itu, pasti akan menemui kekalahan.

Demikian ulasan singkat mengenai sejarah asal-usul nama Brebes. Semoga bisa menambah wawasan Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asal-usul Nama Brebes "

Post a comment