Keren! Mahasiswi UNNES Ini Ciptakan Aplikasi Kamus Bahasa Jawa-Indonesia Berbasis Android

foto: facebook ganjar pranowo

Mahasiswi Universitas Negeri Semarang (UNNES), Nuring Dyah Rahmadani berhasil menciptakan sebuah aplikasi kamus Bahasa Jawa-Indonesia berbasis sistem android. 

Pembuatan aplikasi yang inovatif ini, menurut sang penciptanya, dilatarbelakangi kesulitan masyarakat menggunakan Bahasa Jawa dengan baik dan benar. Dengan aplikasi berbasis android itu diharapkan masyarakat mudah belajar Bahasa Jawa.

“Punya pikiran buat kamus Bahasa Jawa karena dilatarbelakangi siswa-siswi mulai dari SD, SMP hingga SMA kesulitan menggunakan Bahasa Jawa,” katanya.

Untuk bisa membuat aplikasi kamus tersebut, menurut Nuring, dia lebih banyak belajar tutorial membuat aplikasi dari youtube. Dirinya juga tak segan meminta bantuan teman-temannya yang memiliki kompetensi di bidang komputer. Sebab, dia tidak memiliki pengalaman dalam membuat sebuah aplikasi.


foto : facebook ganjar pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengapresiasi inovasi dari mahasiswi UNNES tersebut karena dapat mempermudah masyarakat mempelajari Bahasa Jawa. Aplikasi tersebut dinilai lebih praktis dibandingkan kamus konvensional, mengingat banyak masyarakat yang sudah melek teknologi dan internet.

"Ini unik. Keren. Mudah dan original. Dan mempermudah masyarakat mempelajari Bahasa Jawa. Spirit inovasi yang dibuat Nuring adalah sebuah prestasi yang harus kita hargai. Nah, harapan kita pasti Nuring tidak akan berhenti disini, dia bisa mendorong. Bahkan mungkin nanti bisa membuat cerita-cerita berbahasa Jawa dan tembang-tembang berbahasa Jawa. Selamat Hari Kartini. Teruskan inovasimu," tulis Ganjar dalam akun facebooknya Ganjar Pranowo.

Ganjar juga meminta, mahasiswa lain agar berani menantang zaman. Mahasiswa atau generasi muda dituntut untuk selalu siap dalam menghadapi tantangan dari luar, baik itu MEA ataupun persaingan global.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keren! Mahasiswi UNNES Ini Ciptakan Aplikasi Kamus Bahasa Jawa-Indonesia Berbasis Android "

Post a Comment