Nama Pati, Begini Asal-usulnya

Nama Pati, Konon berawal dari kisah Adipati Jayakusuma ketika minum dawet saat membuka Hutan Kemiri. Ketika itu, dia sangat terkesan, karena dawet yang diminumnya itu sangat enak.

Kemudian, Raden Kembang Joyo bertanya, "Terbuat dari apakah dawet yang enak itu?" oleh si pembuat, kemudian dijawablah, bahwa dawet tersebut terbuat dari pati aren yang diberi santan kelapa, gula aren atau gula kelapa.

foto/istimewa

Hadi Priyanto dalam bukunya yang berjudul "Legenda, Mitos dan Sejarah 35 Kota di Jawa Tengah"disebutkan, ketika mendengar jawaban atau penjelasan mengenai bahan yang dibuat dawet tersebut, Raden Kembang Joyo kemudian mengatakan, jika kelas kalau pembukaan hutan Kemiri itu selesai, kadipaten baru itu akan diberi nama Kadipaten Pati Pesantenan.

Selain itu, nama Pati konon juga berasal dari bahasa Jawa mati atau dipatekke. Hal ini terkait dengan wilayah Pati yang sengaja dimatikan karena sejarah peperangan Adipati Pragolo melawan Mataram.

Namun, ketika itu Adipati Pragolo kalah. Dari cerita tersebut, dapat dikatakan, jika nama Pati itu berarti sebuah wilayah yang dimatikan atau mati gara-gara kalah perang.

Pendapat lain juga menyebutkan jika Pati berasal dari kata sari pati atau inti atau pusat. Sebab, ada yang meyakini pusat pulau Jawa adalah di Pati, yakni tempat kali pertama Ajisaka menginjakkan kakinya di pulau Jawa. Di Pati pula, konon Ajisaka memberikan nama tempat ia datang dengan nama pulau Jawa.

Demikian kisah singkat mengenai asal-usul nama Pati. Semoga ulasan singkat ini bisa menambah wawasan kita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nama Pati, Begini Asal-usulnya "

Post a Comment