Keren! Limbah Kantong Kresek Diubah jadi Kerajinan Bernilai Ekonomi Tinggi

Bagi sebuah kantong kresek, ada pameo berlaku untuknya, yakni habis manis sepah dibuang. Sebab, Usai dipakai untuk mewadahi sesuatu, nasib kantong kresek akan berlanjut ke kalang sampah di tempat pembuangan.

Sayang, tak banyak yang sadar bahwa ia mempunyai umur yang panjang, ratusan tahun bagi sebuah kantong kresek tak akan membuatnya hancur sempurna.

Ja'far Labib adalah satu dari sedikit orang yang prihatin atas hal itu. Pemuda asal Desa Sumberejo Rembang ini, sejak tiga bulan lalu tergerak memperpanjang masa pakai kantong kresek dengan cara lain.

Usahanya itu bermula dari sebuah keinginan untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga sekaligus prihatin atas keadaan semakin banyaknya sampah di Kabupaten Rembang. Dari tangan pemuda bermodal cekak itulah, sebuah usaha ramah lingkungan yang mendatangkan berkah menemui titik awalnya.



Tiga bulan lalu, tangan Ja'far sendirilah yang memasukkan limbah kantong kresek ke dalam karung. Layaknya pemulung, pemuda itu mengitari tempat-tempat pembuangan sampah, khususnya yang berada di dekat tempat tinggalnya.

Ia selalu berpikir dan tak pernah lepas menyimpan keyakinan di hati bahwa kantong kresek memiliki potensi yang besar jika diolah menjadi sesuatu yang lain.

"Selain itu juga dapat menyelamatkan lingkungan, karena limbah plastik sulit dicerna oleh tanah," katanya.

Otak bisnis dikombinasi dengan pengetahuan yang didapatnya,  membuat Ja'far memiliki ide mengolah kantong kresek menjadi beragam kerajinan yang memiliki nilai ekonomi tinggi. 

"Beberapa kerajinan dari kantong kresek yang saya buat di antaranya, ada pot bunga, lukisan, gantungan kunci, bingkai foto, dan lain sebagainya," ujarnya.

Dari menekuni usahanya tersebut, kini Ja'far mampu mengantongi jutaan rupiah untuk setiap bulannya. Apalagi kini pesanan yang datang kepadanya sudah cukup banyak, baik yang datang langsung ke galerinya ataupun melalui online.

Bahkan, dirinya mengaku sempat menolak beberapa pesanan dalam partai besar, karena, untuk saat ini usahanya tersebut masih sebagian besar dikerjakan sendiri. "Sebenarnya ada istri yang membantu, namun itu hanya dasar-dasarnya saja. Secara keseluruhan masih saya kerjakan semua," katanya.

Dengan tingginya antusias konsumen terhadap kerajinan limbah kantong kresek tersebut, dirinya optimis, ke depan usaha kreatif seperti ini memiliki peluang yang sangat besar untuk bersaing di pasaran.

Bagi yang penasaran dengan keunikan kerajinan dari limbah kantong kresek tersebut, bisa langsung datang ke galery miliknya atau bisa menghubungi nomor telepon 082138198730.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Keren! Limbah Kantong Kresek Diubah jadi Kerajinan Bernilai Ekonomi Tinggi"

Post a comment