RSI Sultan Agung Gelar Pelatihan Kompetensi Guru TPQ

 
(foto : Istimewa)

Guru Taman Pendidikan Alquran (TPQ) atau Madrasah Diniyah (Madin) adalah salah satu tulang punggung pendidikan Islami yang tugas utamanya adalah mencetak pribadi muslim yang berkarakter, berilmu, terampil dan mempunyai kapasitas sebagai khalifah (pemimpin).

Sayangnya, masih belum banyak pihak yang perhatian pada standar keilmuan bahkan kesejahteraan para guru TPQ. Setidaknya inilah yang memicu RSI Sultan Agung Semarang untuk mengadakan pelatihan sekaligus pemberian paket Ramadan kepada guru TPQ se-Kota Semarang dan Demak di Hall Lantai 2 RSI Sultan Agung belum lama ini.

Pemateri dalam pelatihan itu yakni, Pengurus Badko TPQ Semarang, Moch. Mu'izzudin dan Manajer Bimbingan Pelayanan Islam RSI Sultan Agung, H. Samsudin Salim.

Idealnya, kompetensi guru TPQ adalah seseorang yang menguasai sederet kemampuan mengenal karakteristik anak didik, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran sekaligus mampu mengembangkan kegiatan pembelajaran yang mendidik. "Untuk mencapai kompetensi tersebut, guru TPQ wajib menjalin komunikasi dengan peserta didik serta melakukan penilaian dan evaluasi pembelajaran secara continue" ujar Moch Mu’izudin.

Sementara itu, H. Samsudin Salim memaparkan, saat ini guru TPQ dihadapkan pada permasalahan anak didik yang kompleks. Oleh karena itu, guru TPQ juga dituntut mengurai problem krisis peserta didik yang  sungguh kompleks seperti free sex, tawuran, minum-minuman beralkohol dan lain sebagainya.

(Foto : Istimewa)

"Kita harapkan guru TPQ mampu menjadi pusat kegiatan pembelajaran Alquran, menjaga dan membentuk karakter santri berdasarkan akhlakul karimah" ungkapnya, seperti press release yang diterima redaksi.

Pelatihan dan pemberian paket Ramadan ini menurut Dirut RSI Sultan Agung, dr Masyhudi merupakan salah satu bentuk kepedulian kepada para guru TPQ. Ia berharap, guru TPQ tetap bersemangat dalam membina peserta didik, meski dalam keterbatasan dan kurang perhatian. 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RSI Sultan Agung Gelar Pelatihan Kompetensi Guru TPQ "

Post a Comment