Tampil di Kick Andy, Siswa SMA PGRI 2 Kayen Ini Ungkap Hasil Penelitiannya yang Menakjubkan

SEKITARPANTURA.COM,PATI - Dua siswa SMA PGRI 2 Kayen, Pati, Jumat (19/8/2016) malam tampil dalam acara Kick Andy. Adalah Raafi Jaya Sutrisna dan Suprihatin, yang menjadi bintang tamu, karena prestasi gemilangnya yang telah mengharumkan nama sekolah dan juga Bangsa Indonesia di level internasional.

Raafi dan Suprihatin merupakan dua siswa yang memiliki penemuan pemanfaatan limbah kulit singkong dan serat batang pisang menjadi komposit. Atas karyanya ini, dua pelajar tersebut pernah menjuarai kompetisi Indonesia Science Project Olympiad (ISPO). Bahkan, keduanya berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di Eropa dengan keluar sebagai juara 1 tingkat Internasional dalam ajang International Young Inventors Project Olympiad (IYIPO) 2016 yang berlangsung di Georgia, pada April lalu.

Pada acara Kick Andy ini, kedua memaparkan bagaimana hasil penemuannya tersebut sangat invovatif dan ke depannya bisa dikembangkan untuk kepentingan industri yang ramah lingkungan, khususnya dalam dunia otomotif.

Sebab, kulit singkong dan serat batang pisang yang disulap menjadi komposit tersebut, bisa digunakan sebagai bahan baku mobil dan interior pesawat menggantikan peran besi.Komposit ini juga ringan, awet dan tahan api.

Raafi Jaya Sutrisna dan Suprihatin (Foto/Istimewa)


Kedua siswa ini menyampaikan, ide jenius tersebut bermula ketika melihat banyaknya limbah kulit singkong dan batang pisang yang ada di Pati. Sehingga, tergerak keduanya untuk membuat limbah tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Pada acara itu, kedua siswa tersebut juga memiliki kesempatan untuk bisa studi banding ke Jerman yang difasilitasi oleh salah satu perusahaan besar, yakni Bosch. Namun demikian, hal itu harus melalui seleksi, karena ada dua peserta lain yang juga memiliki kesempatan. Studi banding ini, nantinya hanya dipilih satu peserta (tim) untuk dibawa studi banding ke kantor pusat Bosch di Jerman, dan beberapa tempat wisata di Eropa.Kita doakan ya, semoga keduanya bisa terpilih untuk mengikuti studi banding ke Jerman. Semoga.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tampil di Kick Andy, Siswa SMA PGRI 2 Kayen Ini Ungkap Hasil Penelitiannya yang Menakjubkan "

Post a Comment