Puluhan Siswa di Banjarnegara Ikuti Lomba Dokter Kecil dan KKR

SEKITARPANTURA.COM,BANJARNEGARA - Untuk memotivasi perserta didik agar dapat berperilaku bersih dan sehat dimanapun dalam kehidupan sehari-hari, Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Banjarnegara menggelar Lomba Dokter Kecil SD/MI dan Lomba Kader Kesehatan Remaja (KKR) SMP/MTS Tingkat Kabupaten Banjarnegara 2017, Rabu (19/4).

Lomba yang dilaksanakan di Aula Sasana Bhakti Praja Setda Banjarnegara, diikuti oleh 60 pelajar dari perwakilan Kecamatan se-Kabupaten Banjarnegara. 

Dokter Kecil masing-masing kecamatan diwakili oleh satu peserta, sedangkan KKR diwakili dua peserta (1 putra 1 putri).

Kepala Dinas Kesehatan Banjarnegara dr Ahmad Setiawan mengatakan, lomba dokter kecil dan KKR tersebut menjadi pilar, guna mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat pada umumnya dan peserta didik pada khususnya.

(Foto/Istimewa)


"Hal ini sesuai dengan rencana strategis pembangunan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara yang memprioritaskan sektor pendidikan, kesehatan dan ekonomi kerakyatan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang akan mewujudkan generasi penerus yang handal," ungkapnya.

Berdasarkan visi tersebut, maka salah satu misinya adalah penyelenggaraan bidang kesehatan`yang antara lain diaplikasikan dalam bentuk lomba dokter Kecil dan KKR tersebut.

Selama empat tahun berturut-turut pada tahun 2012-2015, Kabupaten Banjarnegara berhasil meraih prestasi menjadi juara di tingkat provinsi.Sedangkan untuk tahun 2016 belum bisa meraih juara. 

"Harapannya, di tahun ini Banjarnegara mampu menambah prestasi juara lomba dokter cilik dan KKR," tambahnya.


Plt Kepala Bagian Kesra Drs Bambang Siswanto mengatakan, tujuan dari lomba tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta prestasi siswa lewat pemahamannya menjadi dokter kecil dan Kader Kesehatan Masyarakat.

"Kegiatan ini, juga dalam rangka menciptakan siswa agar mampu meningkatkan derajat kesehatan bagi dirinya, sekolah, keluarga dan masyarakat," katanya.

Teknis penyelenggaraan lomba dibagi dalam empat tahapan tes, kesehatan, tertulis, membuat makalah dan unjuk kerja atau presentasi.(*) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Puluhan Siswa di Banjarnegara Ikuti Lomba Dokter Kecil dan KKR "

Post a Comment