Tim Penilai Lomba Tertib Arsip Jateng Sambangi Desa Bulupayung Cilacap

SEKITARPANTURA.COM,CILACAP - Tim Penilai Lomba Tertib Arsip Provinsi Jawa Tengah Tahun 2017, meninjau pengelolaan arsip di Desa Bulupayung Kecamatan Kesugihan, Cilacap, Selasa (11/4/2017). 

Desa tersebut didaulat untuk mewakili Kabupaten Cilacap dalam Lomba Tertib Arsip tingkat Provinsi Jateng, setelah berhasil meraih Juara I untuk kompetisi serupa di tingkat kabupaten. Kepala Desa Bulupayung Kesugihan, Salamun menjelaskan, ada tiga hal pokok yang dinilai dalam tertib arsip, yakni arsip aktif, arsip in aktif, serta arsip vital. 

Untuk arsip aktif misalnya, Tim Lomba Tertib Arsip menganalisa apakah prosedur pengarsipan surat telah sesuai prosedur, menggunakan aplikasi mailing. Menurut Salamun, selama ini pihaknya berupaya semaksimal mungkin untuk tertib dalam pengelolaan arsip. Untuk arsip aktif seperti dokumen surat menyurat, ditempatkan dalam filling cabinet

(Sekdes Bulupayung Kesugihan, menunjukkan tata kelola Depo Arsip desa setempat/Istimewa)


Adapun untuk pembuatan surat keterangan, register, maupun pengatar, Pemerintah Desa Bulupayung telah memanfaatkan aplikasi smart register. Sedangkan untuk pengelolaan arsip in aktif, desa tersebut masih menyimpan duokumen arsip sejak tahun 1937, dengan out guide.


Dalam tinjauan tersebut, secara umum tim penilai memberikan apresiasi positif. Meski demikian, masih ada koreksi yang harus ditindaklanjuti oleh pemerintah desa setempat, karena tim masih menemukan adanya kerusakan pada salah satu arsip. 

Terkait sarana prasarana, saat ini Desa Bulupayung telah memiliki sejumlah fasilitas pendukung pengelolaan arsip, ruang audio visual, ruang khazanah arsip, pengukur suhu ruangan, serta alat pemadam kebakaran.(*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tim Penilai Lomba Tertib Arsip Jateng Sambangi Desa Bulupayung Cilacap"

Post a Comment