Ratusan Siswa MA Alhikmah Kajen Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik

SEKITARPANTURA.COM, PATI - Budaya untuk membaca dan menulis di kalangan siswa terus dipacu oleh MA Alhikmah Kajen, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati. Salah satunya dengan cara memberikan pelatihan menulis, Sabtu (16/9/2017).

Kepala MA Alhikmah Birhad Abdul Latif mengatakan, budaya literasi di kalangan remaja khususnya pelajar perlu digalakkan. Sebab, dengan membaca dan menulis, maka pengetahuan pelajar akan semakin luas.

"Sekarang ini kan eranya sudah sangat maju, semua informasi bisa diakses dengan mudah melalui internet. Beragam informasi bisa dibaca, dan banyaknya sosial media juga setiap orang bisa menulis berbagai hal," ujarnya.



Namun demikian, dalam hal ini pihaknya berupaya memberikan pembekalan kepada siswa-siswi, agar bisa menulis atau membaca ke arah yang positif. "Syukur-syukur bisa menulis artikel yang bagus dan bermanfaat bagi orang banyak," imbuhnya.

Agar bisa terwujud hal tersebut, pihak sekolah bekerja sama dengan FOrum Diskusi dan Kajian Wartawan (FKDW) Pati untuk memberikan pelatihan mengenai tulis menulis yang sesuai denga kaidah jurnalistik.

Dengan cara tersebut, pihaknya berharap siswa-siswi yang mengikuti pelatihan bisa menyerap ilmu yang diberikan, dan nantinya dapat dipraktikkan. 

Bahkan, pihaknya juga berencana akan membuat buletin sekolah, sebagai salah satu sarana bagi pengembangan diri siswa dalam menulis. Dengan adanya wadah tersebut, diharapkan potensi siswa dalam menulis lebih terasah.

"Kalau belum bisa buletin ya kita wadahi di mading. Meskipun saat ini sudah ada mading, namun memang belum secara optimal berjalan. Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan ini nantinya lebih maksimal," katanya.

Sementara itu, koordinator FKDW Muhlisin mengatakan, pelatihan menulis menjadi salah satu program FKDW. Pihaknya secara rutin mengadakan roadshow ke sekolah-sekolah untuk memberikan pengetahuan tentang cara penulisan.

"Harapannya dengan kegiatan seperti ini, kita bisa berbagi ilmu pengetahuan, khususnya kepada pelajar. Tentunya kedepannya kita harapkan muncul generasi-generasi muda yang intelek dan cerdas, yang mau menulis," pungkasnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ratusan Siswa MA Alhikmah Kajen Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik"

Post a comment