Anak-anak di Desa Pekalongan Pati Dilatih Membatik

SEKITARPANTURA.COM,PATI - Puluhan anak-anak di Desa Pekalongan, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati, diberikan pelatihan membatik. Hal tersebut untuk memberikan bekal keterampilan kepada generasi muda sejak dini.

Kepala Desa Pekalongan Uhkwatur Roi mengatakan, pelatihan tersebut secara rutin diberikan setiap hari Minggu. Kegiatan tersebut sudah berlangsung selama setahun terakhir ini.

"Kalau di sekolah istilahnya ya ekstra kurikuler. Nah kebetulan kalau setiap hari Minggu ini kan anak-anak libur sekolah, jadi kami dari desa juga ingin ikut berpartisipasi memberikan keterampilan kepada mereka melalui beragam kegiatan, di antaranya pelatihan membatik ini," ujarnya.





Dengan adanya pelatihan tersebut, pihaknya berharap, anak-anak sejak dini sudah mengenal tentang batik, dan nantinya mau mengembangkan batik secara maksimal.

Apalagi katanya, batik saat ini sudah menjadi  trend, baik di kalangan anak muda maupun orang dewasa. Batik tidak hanya dipakai ketika ada acara formal saja, namun sudah menjadi gaya dalam sehari-hari.

Lanjutnya, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program desa yang sudah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

"Ini salah satu langkah kami untuk memajukan Desa Pekalongan. Melalui hal-hal seperti ini, diharapkan tumbuh kreativitas dari warga-warga kami, tidak hanya dari golongan orang tua, tetapi sejak mulai anak-anak," ungkapnya.

Pihaknya berharap, nantinya warga terpacu untuk mengembangkan perekonomian mereka melalui kerajinan membatik. Sebab, dengan membatik dinilainya mampu mendatangkan nilai ekonomi tinggi jika dilakukan secara serius.

Dalam hal ini, pihaknya juga tidak hanya memberikan pelatihan membatik saja, namun juga berupaya memfasilitasi produk yang telah warga ciptakan. 

"Kalau hanya sekadar memproduksi saja, kemungkinan mudah. Namun kan tidak cukup hanya sebatas itu. Makanya, ke depan kami juga berupaya memfasilitasi produk-produk mereka ini bisa dipasarkan secara luas," katanya.

Dalam hal ini, pihaknya juga sudah melakukan komunikasi dengan pihak-pihak terkait. Diharapkan, nantinya batik yang diproduksi oleh warga di desanya bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat secara luas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Anak-anak di Desa Pekalongan Pati Dilatih Membatik"

Post a Comment