SMAN 1 Pati Miliki Pojok Literasi

SEKITARPANTURA.COM, PATI - Budaya membaca di Indonesia sampai saat ini masih belum menjadi kebiasaan atau  dikenal dengan istilah reading habit. Sebab di banyak tempat, mulai dari rumah sampai sekolah, kebiasaan membaca masih sedikit.

Kepala SMAN 1 Pati Budi Santosa melalui Humas Pudji Astuti mengatakan, hal tersebut menjadi persoalan tersendiri, manakala budaya membaca masih belum membudaya. 

Hal itulah, katanya yang membuat SMAN 1 Pati meluncurkan sebuah program yang bernama Pojok Literasi. Program ini bertujuan untuk memberikan efek positif terhadap siswa di dalam membaca buku.




"Secara konseptual, pengertian literasi yang diadopsi dan disosialisasikan Kemendikbud bukanlah sekadar kegiatan membaca dan menulis. Lebih dari itu, literasi dipahami sebagai kemampuan mengakses, mencerna, dan memanfaatkan informasi secara cerdas," ujarnya. 

Menurutnya, penumbuhan budaya baca menjadi sarana untuk mewujudkan warga sekolah yang literat, dekat dengan buku, dan terbiasa menggunakan bahan bacaan dalam memecahkan beragam persoalan kehidupan.


Untuk itu, melalui adanya Pojok Literasi tersebut, diharapkan dapat mendekatkan siswa dan sivitas sekolah untuk dapat mengakses buku-buku agar dapat mudah didapatkan untuk dibaca.

Bukan hanya dari sivitas sekolah saja, namun, siapapun yang datang ke sekolah dapat mengakses buku dengan mudah untuk dibaca. "Tamu yang berkunjung ke sekolah ini bisa membaca buku dengan bebas di Pojok Literasi. Apalagi sambil menunggu, bisa memanfaatkan waktu untuk membaca," ungkapnya.

Di SMAN 1 Pati, katanya, tidak hanya terdapat di satu titik saja. Namun, di beberapa tempat terdapat Pojok Literasi dengan beragam koleksi buku yang dapat dibaca oleh siswa.

"Jadi dengan adanya Pojok Literasi ini, siswa tidak harus ke ruang perpustakaan untuk membaca. Karena di Pojok Literasi juga ada beragam buku yang bisa dibaca, meski jumlahnya tidak sebanyak yang di perpustakaan. Pojok Literasi juga ada di setiap kelas," imbuhnya.

Dirinya berharap, melalui Pojok Literasi tersebut diharapkan dapat memacu dan menumbuhkan budaya membaca di semua kalangan. Karena, membaca menurutnya hal yang penting untuk menambah wawasan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SMAN 1 Pati Miliki Pojok Literasi "

Post a Comment