Warga Berebut Gunungan pada Tradisi Sedekah Bumi di Desa Bodeh Pati

SEKITARPANTURA.COM, PATI - Sebagai bentuk rasa syukur atas limpahan rezeki hasil bumi yang diberikan oleh Tuhan, masyarakat Desa Bodeh, Kecamatan Puncakwangi, Kabupaten Pati, menggelar tradisi sedekah bumi, Senin (02/10).

Dalam acara tersebut, warga mengarak gunungan yang berisi hasil bumi, lalu warga berebut gunungan tersebut untuk mendapatkan buah dan sayuran yang diarak keliling desa.

Sebagian dari mereka, bahkan sampai ada yang terjatuh karena berusaha untuk mendapatkan buah maupun sayuran yang diinginkan. Terlebih, gunungan yang diarak dipercaya warga setempat dapat membawa berkah. Apabila dijadikan bibit, lalu ditanam kembali, maka tanaman akan tumbuh subur dan hasilnya bisa berlipat ganda.





Nur Sa`adah (58) salah satu warga Desa Bodeh mengaku sangat senang karena sudah mendapatkan sayuran dan buah-buahan ketika rebutan gunungan itu. Untuk mendapatkan itu, dirinya ikut berdesa-desakan meskipun kondisinya sudah tua.

“Kalaupun rebutan, saya tetap ikut mengambil buah maupun sayuran, karena ini merupakan berkah dari Allah,” ungkapnya.   

Sementara itu, Kepala Desa Bodeh Zamroni mengatakan, sedekah bumi tersebut merupakan tradisi tahunan yang selalu dirayakan oleh seluruh elemen masyarakat Desa Bodeh. 
Selain itu, sedekah bumi juga merupakan bentuk rasa syukur warga kepada Tuhan yang telah memberikan limpahan rezeki berupa hasil bumi.

“Kami harap, dengan mengarak hasil bumi beserta adanya hiburan ini, semoga rezekinya semakin melimpah dan hasil bumi yang kami tanam semakin berkah. Sekaligus, acara ini juga merupakan peringatan Haul KH. Sholeh yang merupakan pendahulu serta penyebar agama Islam di Desa Bodeh,” ungkapnya.

Dia menambahkan, sebagian besar masyarakat Bodeh adalah berprofesi sebagai petani. Tidak heran apabila mereka selalu mensyukuri hasil buminya dengan membuat gunungan lengkap dengan aneka buah dan sayuran.

“Memang sebagian besar adalah petani. Kami sendiri juga bangga dengan antusias masyarakat untuk mengikuti acara tradisi sedekah bumi ini. Semoga, kedepannya bisa lebih baik dan dapat menampilkan hasil bumi sesuai dengan tanamannya masing-masing,”pungkasnya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Warga Berebut Gunungan pada Tradisi Sedekah Bumi di Desa Bodeh Pati"

Post a Comment