Warga Desa Winong Pati Diajari Membatik

SEKITARPANTURA.COM, PATI - Untuk meningkatkan kemandirian warganya, Pemerintah Desa (Pemdes) Winong, Kecamatan/Kabupaten Pati memberikan pembekalan keterampilan kepada puluhan warga desa setempat.

Dalam hal ini, puluhan warga yang semuanya ibu-ibu tersebut diberikan pelatihan keterampilan membatik. Pelatihan yang berlangsung selama sepekan ini, yakni 9-14 Oktober, digelar di balai desa setempat.






"Pelatihan membatik ini bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati. Kegiatan ini dalam rangka pengembangan pendidikan kecakapan hidup (PKH) bagi warga," ujar Jarnawi, Kepala Desa Winong.

Menurutnya, pelatihan tersebut diikuti oleh perwakilan dari masing-masing RW yang ada di Desa Winong. Peserta rata-rata merupakan ibu rumah tangga, yang kesehariannya tidak memiliki pekerjaan utama di luar rumah.

Dengan adanya kegiatan tersebut, pihaknya berharap warga menjadi mandiri, dengan memiliki keterampilan membatik. Karena, ke depan, warga yang telah mengikuti pelatihan tersebut dapat mengembangkan keterampilan membatik secara perlahan di rumah.

"Apabila nanti sudah terampil, paling tidak nantinya bisa menambah ekonomi dalam keluarga. Karena, prospek dari batik ini kan lumayan. Sebab, kita sudah sangat familiar dengan pakaian batik dalam kehidupan sehari-hari," ungkapnya.

Pihaknya, katanya juga sengaja meberikan pelatihan membatik, karena melalui hal ini nantinya batik di Pati juga bisa berkembang pesat dengan berbagai motif dan ciri khas  kearifan lokal Pati.

Sebagai langkah lebih lanjut, pihaknya nantinya juga berencana akan memfasilitasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya dalam sektor batik tersebut ke dalam unit usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Warga Desa Winong Pati Diajari Membatik "

Post a Comment