Perhatian! PKL di Pasar Baru Juwana Segera Ditertibkan

SEKITARPANTURA.COM,PATI - Kamis (23/11/2017) mendatang, pedagang kaki lima (PKL) yang berada di kompleks Pasar Baru Juwana bakal ditertibkan. Namun sebelum itu dilakukan, Sejumlah instansi terkait melakukan sosialisasi pada Selasa (21/11/017).

Penertiban tersebut dinilai perlu dilakukan, sebab, di sepanjang Jalan  Ki Hajar Dewantoro, Jalan Komodo, dan sejumlah jalan di sekitar pasar sering terjadi kemacetan karena banyaknya PKL yang menduduki ruas jalan.






“Rencananya Kamis nanti, kami dari tim gabungan akan melakukan penertiban PKL yang berada di sebelah Utara dan Timur Pasar Baru Juwana. Untuk itu, hari ini kami melakukan imbauan, sosialisasi dan pemantaun langsung,” ujar Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Pati, Riyoso.

Katanya, Dinas Pasar sendiri memiliki tim bersih yang salah satu fungsinya yakni, melakukan penertiban terhadap PKL yang tidak menaati peraturan yang berlaku. “Dinas pasar sebenarnya memiliki tim bersih,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Juwana, Teguh Widyatmoko mengatakan, pihaknya sudah sering melakukan giat patroli dan melakukan himbauan bersama Muspika Juwana. Sayangnya, himbauan tersebut belum diindahkan para PKL nakal.

“Saya bersama Polsek, Koramil, Satpol PP Kecamtan Juwana dan dari pihak pasar sendiri, sudah sering melangsungkan himbauan dan patroli rutin. Sayangnya, setelah satu – dua hari para PKL tertib, setelah itu kondisi kembali seperti semula,” keluhnya.

Selain itu, Teguh berharap agar dinas terkait mencarikan lahan yang baru penempatan parkir kendaraan dan para PKL. Dengan begitu, trotoar dan ruas jalan bersih dari PKL dan parkir liar.

Di tempat yang sama, Kapolsek Juwana AKP Didi Dewantoro menuturkan, mendukung langkah dari Pemkab Pati untuk melakukan penertiban terhadap keberadaan PKL nakal. Karena dirinya mendapat banyak keluhan dari masyarakat terkait kemacetan di sana.

“Mohon kiranya dari pihak terkait untuk dicarikan petugas parkir guna menata parkir, semisal setiap 10 meter terdapat petugas parkir, sehingga parkir tidak kelihatan semrawut dan posisi parkir jangan sejajar melainkan serong,” ucapnya.

Diketahui, dalam giat tersebut hadir Satpol PP Pati, Disdagperin Pati, Camat Juwana, Kapolsek Juwana, Kepala Pasar Baru Juwana dan Dishub Pati. Rencananya, penertiban PKL yang menyalahi prosedur pada Kamis nanti, petugas akan menggunakan peralatan berat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Perhatian! PKL di Pasar Baru Juwana Segera Ditertibkan"

Post a Comment