Wujudkan Kedungbulus sebagai Kampung Kelor

SEKITARPANTURA.COM,PATI - Semakin berkembangnya pemanfaatan daun kelor menjadi berbagai olahan kuliner, memantik Komunitas Pangan Sehat (KPS) Kabupaten Pati, membuat rintisan Kampung Kelor di Desa Kedungbulus, Kecamatan Gembong, Pati, yang bekerja sama dengan Karang taruna setempat.

Desa tersebut terpilih, lantaran banyak masyarakatnya yang sudah membudidayakan daun kelor untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Sehingga, akan mempermudah suksesnya rencana pembuatan kampung kelor satu-satunya di Pati.








Berbagai upaya telah dilakukan KPS untuk menyukseskan program tersebut. Selain beberapa kali mengadakan pelatihan budidaya daun kelor sekaligus pemanfaatannya, yang terbaru, KPS melakukan kegiatan penanaman seribu bibit daun kelor di sepanjang jalan masuk desa.

Salah satu pengurus KPS Heri Purwoko mengatakan, penanaman bibit ini merupakan salah satu upaya untuk menjadikan Desa Kedungbulus jadi sentra produksi berbagai olahan daun kelor.

“Semoga, penanaman ini menjadi langkah awal pemwujudan Kampung Kelor di desa ini,” ungkapnya.

Ia berharap, setelah adanya penanaman ini, warga sekitar bisa merawat dengan baik tumbuhan tersebut. Sehingga, nantinya bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk perekonomian warga.

“Jika nanti desa ini sudah resmi jadi Kampung Kelor, tentunya, perekonomian warga akan meningkat dengan sendirinya,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Kedungbulus Sugiyono menambahkan, pemerintah desa (pemdes) sangat mendukung pencanangan Kampung Kelor ini. Karena nantinya bisa menjadi destinasi wisata baru, yang tentunya bisa meningkatkan penghasilan warga setempat.

“Nanti kita akan coba alokasikan dari dana desa melalui BUMDes, untuk menunjang kegiatan warga dalam pemanfaatan daun kelor ini,” pungkasnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wujudkan Kedungbulus sebagai Kampung Kelor"

Post a Comment