SMPN 1 Trangkil Pati Menuju Adiwiyata Provinsi

SEKITARPANTURA.COM,PATI - SMPN 1 Trangkil, Pati berhasil meraih penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Pati. Penghargaan itu diterima pihak sekolah pada akhir tahun 2017 lalu.

Predikat sebagai sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten tersebut, merupakan yang pertama kali diterima SMPN 1 Trangkil. Sebab, tahun sebelumnya belum berhasil untuk memperoleh predikat dalam bidang lingkungan itu.

"Dengan meraih predikat Adiwiyata tingkat kabupaten ini, tentu kami akan terus berbenah dalam penataan lingkungan sekolah. Sebab, jika nantinya ada penunjukan dari kabupaten untuk maju di tingkat provinsi, tentu harus lebih baik lagi," ujar Mohammad  Toha, Kasi Sarana dan Prasarana SMPN 1 Trangkil.




Menurutnya, program Adiwiyatan merupakan program berkelanjutan. Yakni, harus ada penyempurnaan secara terus menerus dalam hal penataan maupun manajemen sekolah yang berbasis lingkungan.

Jika ingin menuju Adiwiyata ke tingkat yang lebih tinggi, menurutnya, berbagai syarat tambahan juga harus dipenuhi. Di antaranya adalah sekolah binaan dan juga kelengkapan administrasi.

Dirinya berharap, penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten, mampu menjadi motivasi dari warga sekolah untuk terus meningkatkan pembenahan lingkungan yang ada di kawasan sekolah.

"Yang penting dari program Adiwiyata ini adalah penyadaran terhadap warga sekolah dalam menjaga dan menata lingkungan sekolah menjadi bersih, indah dan teduh. Sehingga, lingkungan sekolah menjadi nyaman dan sehat untuk aktivitas pembelajaran," ungkapnya.

Menurutnya, dalam mewujudkan sebagai sekolah Adiwiyata, semua pihak berperan, baik guru maupun siswa. Karena, semua memiliki tanggung jawab dalam penataan lingkungan.

Bahkan, katanya, untuk menanamkan kesadaran sejak dini tentang kebersihan dan keindahan lingkungan, pihaknya juga memberikan kewenangan siswa dalam mengelola tanaman yang berada di masing-masing depan kelas.

"Di setiap depan kelas, kami memiliki taman mini. Di mana, yang mengelola untuk menanam dan merawatnya diserahkan kepada siswa di masing-masing kelas tersebut. Jadi, hal ini agar siswa memiliki tanggung jawab untuk ikut serta merawat," pungkasnya.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "SMPN 1 Trangkil Pati Menuju Adiwiyata Provinsi "

  1. Ass,wr,wt saya atas PAK MHD IKBAL sangat berterima kasih banyak kepada AKI SOLEH atas bantuan pesugihan dana ghaib, kini kehidupan saya sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blog AKI SOLEH itu semuanya benar benar terbukti nyata dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha kami dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekarang sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan AKI,saya tidak pernah menyangka kalau saya bisa sesukses seperti ini, dan kami sekeluarga tak lupah mengucapkan banyak berterima kasih kepada AKI,,bagi anda yang ingin dibantu sama AKI SOLEH silahkan hubungi di 082 313 336 747 insya allah AKI akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan putih tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blog AKI KLIK SITUS KAMI 
    Atau Chat/Tlpn di WhatsApp (WA)
    No WA Aki : 082313336747

    ReplyDelete