Disdikbud Pati Adakan Lomba Pidato Bahasa Jawa

SEKITARPANTURA.COM, PATI - Puluhan guru dari sekolah tingkat SMP di Kabupaten Pati mengikuti lomba pidato bahasa Jawa yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pati belum lama ini. 


Ketua Panitia Lomba Selamet Murip mengatakan, jika peserta dari lomba pidato bahasa Jawa tersebut pesertanya merupakan guru-guru yang mengajar mata pelajaran bahasa Jawa untuk tingkat SMP.

"Kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk mendorong dan mengembangkanpotensi serta menyalurkan minat dan bakat seni berpidato guru dalam bahasa Jawa. Hal ini juga untuk menggali dan memupuk kreativitas guru," ujarnya.




Bukan hanya itu, melalui kegiatan tersebut, diharapkan bisa meningkatkan keterampilan berbicara atau berpidato dalam bahasa Jawa, sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru bahasa Jawa terhadap mata pelajaran yang diampu sebagai jati diri guru bahasa Jawa.

Melalui lomba itu pula, diharapkan bisa menumbuhkan rasa memiliki dan menghargai budaya Jawa, khususnya bahasa Jawa sebagai budaya adiluhung. Kemudian, dapat meningkatkan rasa persatuan, kesatuan dan cinta tanah air serta memupuk sikap memiliki keanekaragaman bahasa di Indonesia.

"Selama ini kan karakter siswa terhadap budaya lokal cukup merosot. Untuk itu, melalui kegiatan seperti ini, diharapkan dapat memacu guru untuk menanamkan karakter budaya terhadap siswa di sekolah. Sehingga, budaya dan kearifan lokal tidak luntur," ungkapnya.

Katanya, antusias peserta lomba kali ini juga tinggi. Bahkan, peserta yang beberapa waktu lalu sempat menjadi juara I di level kabupaten ikut kembali berkompetisi dalam lomba pidato bahasa Jawa tersebut.

"Untuk yang pernah juara I kami perbolehkan untuk ikut berkompetisi kembali. Tapi syaratnya belum mendapatkan juara di level nasional. Kalau di level lokal masih diperbolehkan, dan penilaiannya juga profesional," imbuhnya.


Dirinya berharap, melalui kegiatan seperti ini, nantinya dapat memacu prestasi guru, khususnya yang mengampu mata pelajaran bahasa Jawa. Sehingga, mereka dapat meningkatkan kreativitas dalam proses pembelajaran di sekolah.

Lanjutnya, untuk pelaksanaan kegiatan lomba pidato tersebut, pihak panitia mensyaratkan kepada peserta untuk mengenakan baju adat. Hal itu, juga sebagai upaya menumbuhkan kecintaan terhadap busana adat Jawa.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Disdikbud Pati Adakan Lomba Pidato Bahasa Jawa"

  1. ASS..WR.WB.SAYA PAK RESKY TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN AKI SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208) BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL
    KLIK DISINI dijamin 100% tidak mengecwakan anda
    angka;GHOIB: singapura
    angka;GHOIB: hongkong
    angka;GHOIB; malaysia
    angka;GHOIB; toto magnum
    angka”GHOIB; laos…
    angka”GHOIB; macau
    angka”GHOIB; sidney
    angka”GHOIB: vietnam
    angka”GHOIB: korea
    angka”GHOIB: brunei
    angka”GHOIB: china
    angka”GHOIB: thailand

    ReplyDelete