BUMDes Bersama LBJ Barokah Garap Produksi Garam

SEKITARPANTURA.COM, PATI - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) LBJ Barokah kini tengah serius untuk menggarap produksi garam, baik yang berbentuk briket ataupun garam halus. 

BUMDes yang berlokasi di wilayah Desa Bumimulyo, Kecamatan Batangan, Pati ini, merupakan usaha bersama dari tiga desa yakni Lengkong, Bumimulyo dan Jembangan.

Saat ini, unit usaha bersama tersebut sedang mempersiapkan peralatan maupun sumberdaya manusianya untuk segera melakukan produksi. Beberapa alat modern juga terlihat di tempat produksi tersebut, baik itu untuk mesin briket ataupun mesing penggorengan garam halus.



Salah satu alat produsi garam yang dimiliki LBJ Barokah 


"Untuk mesin briket kita punya tiga unit, sedangkan untuk mesin penggorengan ada satu. Kami saat ini juga sudah punya mesin oven dan juga setru dan juga mesin packing. Sehingga, bisa dikatakan lebih maju dibanding pabrik yang ada di sekitar kita," ujar Heri Suwandi, Ketua BUMDes LBJ Barokah.

Untuk mesin briket sendiri, katanya, untuk satu mesin bisa memproduksi sebanyak 2 ribu pak garam per harinya. Satu pak, berisi 12 garam briket. Sehingga, jika sudah beroperasi, per harinya bisa menghasilkan 6 ton garam.

Sehingga, jika ditambah lagi dengan mesin penggorengan yang kini juga sudah dimiliki, produksi garam yang dihasilkan bisa lebih banyak lagi.

Dengan adanya pabrik garam tersebut, dirinya berharap bisa menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya, sehingga bisa menjadi sarana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pun demikian, juga bisa ikut serta dalam membubidayakan hasil garam petani sekitar.

"Sesegera mungkin prabrik ini akan beroperasi untuk produksi garamnya. Nah, harapannya tentu produksi garam bisa meningkat, dan petani garam di sekitar wilayah ini juga ikut merasakan manfaatnya," ungkapnya.

Untuk pemasarannya sendiri, katanya, pihaknya menargetkan bisa masuk di wilayah Jawa Tengah. "Syukur-syukur bisa lebih luas lagi, tidak hanya Jawa Tengah saja, tapi masuk ke daerah lainnya," pungkasnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BUMDes Bersama LBJ Barokah Garap Produksi Garam "

Post a Comment