TPS Jadi Ajang Swafoto Warga Usai Mencoblos

SEKITARPANTURA.COM,PATI-Masyarakat antusias dalam menunaikan hak pilihnya di pemilu serentak 2019. Itu ditunjukkan dengan pengabadian kegiatan mereka setelah melakukan pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS).

"Ada lebih dari 2.000 warga Pati mengunggah swafoto di media sosial, terutama di instagram dengan menunjukkan jarinya yang telah tercelup tinta di luar TPS pada pemungutan suara 17 April. Warga tampak antusias," ujar komisoner KPU Pati Haryono.

Penyelenggara pemilu itu menggelar lomba selfie (swafoto) di TPS. Langkah itu ditempuh sebagai salah satu upaya mengajak warga yang telah memiliki hak pilih untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu.



Menurutnya, lomba selfie di TPS merupakan bagian upaya masif mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilu serentak 2019. Sekaligus sebagai apresiasi kepada masyarakat yang turut menyukseskan Pemilu dengan berpartisipasi aktif di dalamnya.

Lomba bertema "Ayo Nyoblos, Golput Bukan Pilihan", lanjut Haryono, tidak hanya digelar di Pati.

Ajang tersebut berlangsung serentak di seluruh Indonesia. Event itu sekaligus mengajak masyarakat untuk bergembira dalam pelaksanaan pemilu dengan tetap cerdas dalam menentukan pilihan tanpa terjebak politik uang dan hoaks.

Lomba yang digelar bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pati itu, menyediakan hadiah bagi 12 pemilih. Sebanyak 12 karya swafoto di TPS terbaik dibagi dalam dua kategori, yakni perorangan dan kelompok.

Enam karya terbaik pada masing-masing kategori hasil penjurian diberikan hadiah. Khusus kategori kelompok, setiap timnya terdiri paling sedikit tiga orang. Sesuai ketentuan, selfie hanya diperkenankan di luar TPS.

"Pengabadian foto dan video di dalam bilik suara tidak diperbolehkan. Karena sesuai aturan memperlihatkan penggunaan hak pilihnya merupakan larangan lantaran mencederai prinsip kerahasiaan," katanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TPS Jadi Ajang Swafoto Warga Usai Mencoblos "

Post a comment