Bawaslu Jateng Buka Pendaftaran Panwas Pilkada di 7 Daerah

ilustrasi/istimewa

Tahapan seleksi Calon Panitia Pengawas Pemilihan Kepala Daerah di tujuh kabupaten/kota di Jawa Tengah dimulai. Tahapan itu dimulai dari sosialisasi pengumuman pendaftaran yang dilakukan 7-13 April 2016. Dalam pengumuman ini, tim seleksi memanfaatkan media cetak, radio hingga penyebaran informasi melalui media sosial dan pamflet-pamflet.

Ketua Tim Seleksi Panitia Pengawas Hasyim Asy’ari menyatakan, masa pendaftaran calon panitia pengawas pilkada di Jawa Tengah akan dibuka mulai 14 hingga 20 April 2016. “Kami berharap berbagai kalangan masyarakat mendaftarkan diri dalam seleksi ini. Jika nanti mendapatkan amanah menjadi panitia pengawas pilkada tingkat kabupaten/kota maka bisa menjadi pengalaman yang sangat berharga sekaligus kebanggaan tersendiri karena bisa ikut mendorong pelaksanaan pilkada bisa demokratis, jujur dan adil,” kata Hasyim Asy’ari.

Hasyim menambahkan, syarat-syarat dan formulir pendaftaran dapat diperoleh di Sekretariat Tim Seleksi Calon Anggota Panwas Kabupaten/Kota Kantor Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Jl. Atmodirono No. 12 A Semarang, Telp. (024) 8450728, 8455418 Fax. (024) 8450728.
Atau yang lebih mudah bisa melalui website: www.bawaslu-jatengprov.go.id (klik menu Seleksi Panwas).

Tujuh daerah di Jawa Tengah yang akan menggelar pilkada 2017 adalah Kota Salatiga, Pati, Jepara, Batang, Brebes, Cilacap dan Banjarnegara. Timsel panwaslu yang terdiri dari lima orang akan terjun ke tujuh daerah tersebut untuk mensosialisasikan tahapan serta mekanisme seleksi. “Agar semakin banyak orang yang tahu sehingga pendaftarnya pun banyak,” kata Hasyim.

Beberapa hari lalu, tim seleksi calon pengawas pemilihan kepala daerah di 7 kabupaten/kota di Jawa Tengah menggelar rapat perdana. Dalam rapat itu disepakati Ketua Timsel adalah Hasyim Asy’ari (akademisi), sekretaris Muhammad Rofiuddin (wartawan dan aktivis NGO) dengan anggota Amir Machmud (wartawan), Sri Wahyu Ananingsih (akademisi) dan Abu Rokhmad (akademisi).

Dalam rapat itu juga dihadiri tiga anggota Bawaslu Jawa Tengah beserta tim kesekretariatan. Dalam kesempatan itu, disepakati rencana kerja beserta jadwal waktunya yang akan dilalui dalam tahapan seleksi, seperti penelitian berkas administrasi, tes tertulis dan tes wawancara. Selain itu, tim seleksi juga akan membuka tanggapan dan masukan dari publik atas nama-nama pendaftar yang nanti lolos dalam seleksi administrasi. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Bawaslu Jateng Buka Pendaftaran Panwas Pilkada di 7 Daerah"

Post a comment