Pendaftar Calon Panwas Pilkada di Jateng Masih Sepi Peminat


Hingga hari kedua masa pendaftaran seleksi panitia pengawas pemilu di Jawa Tengah, jumlah orang yang mendaftarkan diri baru ada 23 orang. 

Ketua Tim Seleksi Calon Anggota Panitia Pengawas Provinsi Jawa Tengah Hasyim Asy’ari menyatakan 23 pendaftar itu terdiri dari pendaftar hari pertama (14/4/ 2016) sebanyak enam orang dan pendaftar di hari kedua (15/4/ 2016) sebanyak 17 pendaftar. Sebanyak 23 pendaftar itu berasal dari beberapa kabupaten/kota di Jawa Tengah yang tahun ini bakal menggelar pilkada 2017. 

“Masa pendaftaran calon anggota panwas di tujuh kabupaten/kota di Jawa Tengah masih akan dibuka hingga Rabu (20/4/l 2016),” kata Hasyim Asy’ari, Jum’at (15 April 2016). 

Hasyim menambahkan sebanyak 23 orang yang sudah mendaftarkan diri terdiri dari pendaftar yang mengirim berkas melalui paket pos sebanyak 17 orang dan pendaftar yang datang langsung ke sekretariat timsel sebanyak enam orang. 

Hasyim menyatakan pendaftar calon panwas harus berdomisili di kabupaten/kota masing-masing yang bakal melaksanakan pilkada 2017. Hal itu bisa dibuktikan dengan KTP dan Kartu Keluarga pendaftar. 

Hasyim menambahkan 23 pendaftar itu terdiri pendaftar dari Brebes sebanyak 7 pendaftar, Salatiga (2 pendaftar), Jepara (3 pendaftar), Cilacap (3 pendaftar), Pati (5 pendaftar) dan Batang (3 pendaftar). Ada satu kabupaten yang hingga hari kedua masa pendaftaran ini belum ada satu pun pendaftar, yakni Banjarnegara. 



Baca juga : Bawaslu Jateng Buka Pendaftaran Panwas Pilkada di 7 Daerah


“Kami berharap siapapun yang merasa memenuhi syarat agar bisa mendaftarkan diri. Mari kita ramaikan seleksi Panwaslu sebagai bagian dari usaha mendorong tegaknya pilkada yang demokratis,” kata Hasyim. 

Hasyim menyatakan tim seleksi akan meneliti berkas-berkas yang diajukan para pendaftar. Jika ada dokumen/berkas yang kurang maka tim seleksi yang dibantu staf kesekretariatan Bawaslu Jawa Tengah akan segera memberitahukan pendaftar. “Pendaftar segera kami minta memperbaiki jika ada dokumen/berkas pendaftaran yang kurang,” kata Hasyim. 

Hasyim menambahkan syarat-syarat dan formulir pendaftaran dapat diperoleh di Sekretariat Tim Seleksi Calon Anggota Panwas Kabupaten/Kota Kantor Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Jl. Atmodirono No. 12 A Semarang, Telp. (024) 8450728, 8455418 Fax. (024) 8450728. Tim seleksi juga menyediakan yang lebih mudah, yakni berkas bisa didownload di website: 
www.bawaslu-jatengprov.go.id (klik menu Seleksi Panwas).

Sekretaris tim seleksi, Rofiuddin menambahkan tim seleksi sudah berusaha maksimal melakukan sosialisasi di tujuh kabupaten/kota tentang pendaftaran panwas. Sosialisasi itu menggunakan berbagai cara, seperti talkshow di radio lokal di masing-masing daerah, berkunjung ke kampus-kampus masing-masing daerah, mendatangi kantor pemerintahan, sosialisasi di KPUD 7 kabupaten/kota, silaturahmi ke kelompok-kelompok masyarakat hingga menyebarkan informasi secara viral di media online maupun media sosial. “Tim seleksi sangat terbuka dan berusaha mempermudah para pendaftar,” kata Rofiuddin. 

Baca juga :  Ini Syaratnya Jika Ingin Mendaftar Panwas Pilkada



 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Pendaftar Calon Panwas Pilkada di Jateng Masih Sepi Peminat "

Post a Comment