Brebes Berada di Urutan Pertama Tingkat Kerawanan Pilkada

SEKITARPANTURA.COM,JATENG - Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia, bekerjasama dengan Badan Pengawas Pemilu Jawa Tengah mengeluarkan data Indek Kerawanan Pemilu ( IKP ) tahun 2017 untuk wilayah Indonesia dan Jawa Tengah yang akan melaksanakan pilkada serentak tahap ke-2 pada tahun 2017 yang akan datang.
 
Demikian disampaikan Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Jawa Tengah Teguh Purnomo.
 
Teguh menambahkan, bahwa Bawaslu menyusun Indek Kerawanan Pemilu sebagai suatu rangkaian riset yang menjadi dasar perumusan kebijakan, program dan strategi dalam konteks pengawasan di bidang kepemiluan.  
 
Melalui pendekatan pencegahan, IKP dibutuhkan sebagai instrument deteksi dini dari potensi kerawanan di setiap wilayah yang hendak melakukan pilkada. Harapannya, segala bentuk potensi kerawanan dapat diantisipasi, diminimalisasi dan dicegah.

Ilustrasi/Istimewa

 “Di Jawa Tengah, ada 7 daerah kabupaten/kota yang akan melaksanakan pilkada di tahun 2017 yaitu Kabupaten Brebes, Jepara, Cilacap, Pati, Banjarnegara, Batang dan Kota Salatiga”, kata Teguh yang juga mantan Ketua KPU Kabupaten Kebumen.
 
Teguh menambahkan, bahwa penilaian kerawanan ini didasarkan atas 3 dimensi, yaitu dimensi penyelenggaraan dengan bobot 30 persen, dimensi kontestasi dengan bobot 35 persen dan dimensi partisipasi dengan bobot 35 persen.
 
Dari hasil pengumpulan data, Brebes menduduki tingkat kerawanan yang paling tinggi di Jawa Tengah dengan total IKP 2,001, disusul Jepara 1,735, Cilacap 1,635, Pati 1,535, Banjarnegara 1,457, Kota Salatiga 1,423 dan Batang 1,213.
 
“Walaupun hitungan secara nasional, kabupaten/kota di Jawa Tengah tidak masuk daerah yang mempunyai kerawanan tinggi sebagaimana kabupaten kota di propinsi lain, setidaknya data tersebut dapat digunakan sebagai sarana peringatan dini terhadap potensi terjadinya permasalahan di daerah oleh semua pemengku kepentingan seperti kepolisian, pemerintah daerah atau yang lainnya,” pungkasnya.
 
 
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Brebes Berada di Urutan Pertama Tingkat Kerawanan Pilkada"

Post a Comment