100 Pesan Kebangsaan dari Santri Kudus

SEKITARPANTURA.COM,KUDUS – Mlaku-mlaku Bareng Santri (MMBS) yang diselenggarakan Pengurus Cabang NU Kudus pada Minggu (13/11) kemarin penuh dengan pesan-pesan kebangsaan dan kedamaian. Pihak panitia menyiapkan 100 pesan yang ditulis di banner yang dibawa oleh peserta MMBS.
“MMBS ini selain untuk menghormati jasa-jasa para kiai dan pahlawan, juga ingin menunjukkan bahwa Kudus itu benar-benar Kota Santri,’’ ujar Ketua PC. Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Kudus, HM. Sarmanto Hasyim.
Sarmanto mengemukakan, santri di Kudus ini adalah salah satu pilar penting dalam pembangunan daerah. ‘’MMBS adalah salah satu sarana untuk silaturahmi para santri Kudus yang jumlahnya sangat besar. Kegiatan ini saja, pesertanya lebih dari 30 ribu peserta,’’ paparnya.
Sementara itu, berbagai pesan kebangsaan yang disampaikan oleh para santri yang mengikuti MMBS, antara lain NKRI harga mati, Nusantara (NU, Santri dan Tentara Bersatu), Kudus No Drugs, Kudus Nol % Alkohol, Kudus No Karaoke, dan Kedepankan Islam Ramah Bukan Islam Marah.
Sarmanto menambahkan, beragam pesan ini menjadi penting, karena banyak kasus-kasus sosial yang merebak, khususnya peredaran narkoba yang merajalela saat ini, hingga persoalan yang mengarah pada disintegrasi.

(Ribuan santri yang mengikui event MMBS/Istimewa)

‘’Melalui MMBS ini, kami para santri juga ingin mengingatkan, bahwa Indonesia ini adalah negara yang masyarakatnya beragam. Kendati Islam merupakan agama mayoritas yang dipeluk oleh rakyatnya, namun oleh founding fathers tetap memiliki republik sebagai bentuk negara, karena melihat realitas sosio kultur hingga agama yang juga beragam,’’ tuturnya.
Pada kesempatan itu, Sarmanto juga berpesan, agar orang Islam di Indonesia tidak mudah dipecah belah dengan berbagai isu yang berkembang. ‘’Islam itu agama damai, maka mesti mengendepankan Islam ramah, bukan menjadi Islam yang pemarah,’’ tegasnya.
Sementara itu, Ketua Panitia Hidayat Noor menjelaskan peserta yang mencapai 30 ribu lebih ini berasal dari para santri di lingkungan pondok pesantren dan madrasah-sekolah NU di Kudus. Mereka penuh semangat menyusuri jalan dari Alun-alun Simpang 7 Kudus ke selatan melewati Jl. A. Yani, lampu merah utara Kudus Plaza (Matahari) ke barat, lalu menuju Jl. Wachid Hasyim, sampai di lampu merah Pekojan ke timur dan finish kembali di Alun-alun Simpang 7.“Kami sangat mengapresiasi semangat para santri yang luar biasa ini,”ujarnya singkat.
Dalam kegiatan MMBS ini, panitia membagikan berbagai door prize yang menarik. Antara lain 1 unit sepeda motor, 5 buah sepeda gunung, 1 buah mesin cucu, 2 kompor gas. 3 buah setrika, 1 buah kultas, dan 2 buah pesawat televisi serta puluhan doorprise hiburan lainnya.
Acara ini juga dimeriahkan dengan panggung hiburan seperti tongtek, senam dzikir MA NU BANAT, fashion show dari SMK NU Banat yang mendunia, serta paduan suara an-Nahdlah dari Jakarta. Ada juga donor darah dan pengobatan alternatif dari Banser Wira Husada (Barada).
Turut hadir dan membaur ditengah puluhan ribu peserta MMBS, Rois Syuriah PCNU Kudus, KH.Ulil Albab Arwani, Ketua PCNU Kudus, H.Abdul Hadi beserta pengurus NU dan badan otonomnya, Bupati Kudus H. Musthofa dan anggota DPRD.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "100 Pesan Kebangsaan dari Santri Kudus"

Post a Comment