Aplikasi SP2HP Online dari Polres Cilacap, Ini Fungsinya

SEKITARPANTURA.COM,CILACAP - Satuan Reserse Kriminal Polres Cilacap membuat terobosan kretaif dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Terobosan tersebut salah satunya adalah peluncuran program aplikasi Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) online berbasis android. 

Kapolres Cilacap AKBP Yudo Hermanto melalui Kasat Reskrim AKP Agus Supriadi, mengatakan, SP2HP merupakan hak pelapor untuk mengetahui sejauh mana tindak lanjut dari perkara  yang ditangani oleh penyidik. Dengan aplikasi ini masyarakat dapat mengetahui perkembangan kasusnya.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, masyarakat harus mendownload melalui Playstore dengan cara ketik "SP2HP ONLINE POLRES CILACAP" pada kolom pencarian. 

Ilustrasi


Setelah itu, lakukan pendaftaran sesuai data diri dan login pada halaman yang tersedia. 

Aplikasi ini di kelola oleh admin anggota reskrim selama 1x24 jam untuk memantau pesan yang masuk dari pelapor baik dalam bentuk pengaduan ataupun laporan Polisi. 

Di sisi lain pelapor tidak perlu khawatir, karena yang dapat melihat perkembangan kasus dalam aplikasi ini hanyalah pelapor. 

Aplikasi ini memiliki 5 kotak progres SP2HP online yaitu  Kotak A1: hasil penelitian laporan, kotak A2: tidak dapat di tingkatkan ke penyidikan, kotak A3: dapat di tingkatkan ke penyidikan, kotak A4: Progres penyidikan dan kotak A5: surat penghentian penyidikan (SP3).


Admin dari Sat Reskrim Polres Cilacap akan memberikan SP2HP online dengan memperhatikan waktu pemberian SP2HP pada tingkat penyidikan. Untuk kasus kasus ringan SP2HP diberikan pada hari ke-10, hari ke-20 dan hari ke-3.

Sedangkan kasus sedang, SP2HP diberikan pada hari ke-15, hari ke-30, hari ke-45 dan hari ke-60. Untuk kasus yang sulit, SP2HP diberikan pada hari ke-15, hari ke-30, hari ke-45, hari ke-60, hari ke-75 dan hari ke 90. 
Adapun untuk kasus sangat sulit, SP2HP diberikan pada hari ke-20, hari ke-40, hari ke-60, hari ke-80, hari ke-100 dan hari ke-120. Diharapkan dengan aplikasi ini masyarakat tidak perlu jauh jauh harus ke Polres atau ke Polsek untuk mengetahui perkembangan kasus yang dilaporkan, karena dapat dipantau cukup melalui ponsel berbasis android.(*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi SP2HP Online dari Polres Cilacap, Ini Fungsinya "

Post a Comment