BPBD Cilacap Siapkan 500 Tangki Air Bersih untuk Antisipasi Kekeringan

SEKITARPANTURA.COM,CILACAP - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap menyiapkaan 500 tangki air bersih, untuk mengantisipasi kekeringan di sejumlah wilayaah selama musim kemarau. 

Kepala Pelaksana Harian BIBD Cilacap, Tri Komara Sidhy Wijayanto mengatakan, bantuan air bersih tersebut akan didistribusikan ke sejumlah wilayah yang mengalami kekeringan, sesuai permintaan masyarakat. 

seperti dikutip dari laman www.cilacapkab.go.id, untuk mendistribusikannya, BPBD Cilacap mensiagakan tiga kendaraan pengangkut air. Dua unit digunakan untuk dropping air bersih, dan satu merupakan kendaraan water treatment yang mengangkut air siap minum.

Ilustrasi


Tri Komara menjelaskan, berdasarkan informasi dari BMKG, musim kemarau di wilayah selatan Jawa Tengah diprediksi mulai April. 

Pihaknya berharap, kemarau tidak berlangsung lama, sehingga dampak akibat kemarau bisa diminimalisasi. 

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, alokasi bantuan dari Pemkab Cilacap masih akan ditambah dengan bantuan swasta atau pihak ketiga. 


Meski demikian, Tri Komara berharap, masyarakat tidak hanya mengandalkan bantuan pasokan air bersih. Sebab dalam penanggulangan bencana, optimalisasi pemberdayaan masyarakat perlu diutamakan. 

Berdasarkan pemetaan BPBD, di Cilacap setidaknya terdapat 77 desa yang tersebar di 13 kecamatan rawan kekeringan dan krisis air bersih saat kemarau.(*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BPBD Cilacap Siapkan 500 Tangki Air Bersih untuk Antisipasi Kekeringan"

Post a Comment