Kepala Daerah Diminta Terbitkan Instruksi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

SEKITARPANTURA.COM,SEMARANG -  Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) akan lebih optimal jika dimulai dari keluarga. Pembiasaan perilaku hidup sehat sejak dini akan menciptakan generasi penerus bangsa yang hebat dan kuat.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono menyampaikan, Germas yang dicanangkan pemerintah pusat merupakan salah satu cara pengembangan upaya kesehatan dari kuratif atau pengobatan ke arah promotif dan preventif. Semua itu akan lebih optimal jika dimulai dari keluarga karena keluarga merupakan tempat pembelajaran atau edukasi pertama dan utama bagi anak.

“Pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga karena ini proses pembelajaran yang akan membentuk kepribadian. Jadi kalau keluarga sudah didik dengan tertib perilaku hidup sehat, saya yakin ke depan akan menghasilkan generasi yang hebat,” katanya saat menjadi keynote speaker dalam acara Penggalangan Komitmen Pelaksanaan Germas Tingkat  Provinsi Jawa Tengah, di Hotel MG Suites Semarang, Rabu (12/4).

(Foto/Humas Jateng)


Sri Puryono mengatakan tantangan kesehatan sekarang ini sangat berat, baik penyakit menular atau tidak menular, yang berdampak pada kematian maupun gangguan kesehatan lain. Pencegahan penyakit tersebut hanya dapat dilakukan dengan mengubah perilaku masing-masing individu.

Pelaksanaan Germas pada 2017 ini, imbuh Sekda, memfokuskan dalam tiga kegiatan, yakni meningkatkan aktivitas fisik, konsumsi sayur dan buah, serta deteksi dini penyakit tidak menular (PTM). Untuk meningkatkan aktivitas fisik, di lingkungan Kantor Gubernur Jawa Tengah setiap hari dilakukan peregangan otot atau stretching seusai apel pagi.

Selain itu, dia juga meminta seluruh OPD di jajarannya untuk menyiapkan gerakan makan buah dan sayur, khususnya produk lokal, serta lebih mengintensifkan gerakan berburu jentik nyamuk di lingkungan keluarga.


“Saya perintahkan kepada pemprov, tolong siapkan gerakan makan buah dan sayur, tapi buah dan sayurnya harus lokal agar dapat membantu petani lokal juga,” ujar Sri Puryono.

Mantan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah ini juga meminta pencanangan Germas di Jawa Tengah dilakukan secara serentak oleh pemerintah baik provinsi maupun kabupaten/ kota agar gerakan tersebut lebih menggema di kalangan masyarakat. Agar Germas dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan target yang diinginkan perlu dukungan dari seluruh pihak, baik pemerintah, masyarakat, dunia usaha, maupun perguruan tinggi.

Dia juga meminta masing-masing kepala daerah menerbitkan Instruksi Kepala Daerah, sebagai pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017, yang mengamanatkan aparatur pemerintah wajib mengoordinasikan dengan pihak-pihak terkait agar Germas berjalan baik. Setidaknya, akhir April ini Instruksi Kepala Daerah, baik gubernur maupun bupati/ wali kota, sudah diterbitkan.

“Saya sudah meminta Pak Yuli (Kadinkes Jateng) beserta Asisten Kesra untuk segera menyusun Intruksi Gubernur yang disesuaikan dengan kepentingan daerah. Kabupaten/kota juga saya minta membuat. Saya batasi akhir April harus sudah selesai,” pungkasnya.(*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kepala Daerah Diminta Terbitkan Instruksi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat"

Post a Comment