Serunya Ibu-ibu di Rembang Adu Memasak Kreasi Dapur Kartini

SEKITARPANTURA.COM,REMBANG - Sebanyak 14 tim beradu kreasi masakan dengan bahan baku produk ternak dalam lomba memasak kreasi dapur Kartini di sanggar budaya komplek Museum Kartini Rembang, Selasa (18/4/2017). Kegiatan yang digagas oleh Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang itu diikuti oleh 14 tim dari Tim Penggerak PKK seluruh kecamatan.

Menurut keterangan Kabid Peternakan Dintanpan Rembang Agus Iwan Haswanto, omba memasak kreasi dapur kartini sebagai komitmen mendukung gema kartini 2017. Untuk bahan baku utama yang ditentukan berasal dari produk peternakan seperti telor, daging ayam, daging sapi maupun lainnya.

Penilaian masakan dilakukan langsung oleh juri yang berlatar belakang dari dinas pertanian , TP PKK kabupaten dan perwakilan asosiasi tata boga kabupaten rembang. Kriteria penilaian lomba berdasarkan cita rasa, inovasi masakan, , dan kebersihan serta keseimbangan gizi.

(Foto/Humas Rembang)


“Dipilihnya hasil peternakan yang dilombakan harapannya kesadaran masyarakat atas pemanfaatan bahan pangan asal hewan semakin meningkat, tidak semata-mata kuantitasnya tetapi juga kualitasnya, bagaimanan memilih daging yang baik, dan mengolahnya sehingga nilai gizinya tidak turun,”ujarnya.


Sementara itu Ismudah koordinator tim TP PKK Sulang menjelaskan mereka menyajikan korket daging, popertjies, lapis gulung dan botok telur luntas. Kemudian Ia bersama rekan satu timnya Della dan Yusri Yunarni juga memasak gule burung dara, nasi “pume” nasi putih dicampur dengan nasi merah dan untuk minumannya es kopyor siwalan.

Hasil dari lomba memasak tersebut, TP PKK Kecamatan Sulang menjadi juara I dengan nilai 75,75, PKK Kecamatan Lasem dengan nilai 74,80 meraih juara II. Selanjutnya juara III dengan nilai 73,60 dari PKK Kecamatan Sluke dan juara harapan I diraih PKK Kecamatan Rembang dengan nilai 73,25.(*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Serunya Ibu-ibu di Rembang Adu Memasak Kreasi Dapur Kartini"

Post a Comment