Tim TI Pemkab Blora Ikuti Bimtek Sistem Informasi Desa

SEKITARPANTURA.COM,BLORA - Pemerintah Kabupaten Blora melalui sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah selama tiga hari di Semarang, (19-21/4/2017).

Tim teknis Teknologi Informasi (TI) OPD Blora yang ikut Bimtek yaitu dari Badan Perencanaan Pebangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta tim teknis TI dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora.

Kepala Dinkominfo Kabupaten Blora Sugiyono, melalui Kepala Bidang TI Sukarjo dan tim TI Nurkhamid mengemukakan bimtek untuk menyeragamkan Sistem Informasi Desa (SID) se Provinsi Jawa Tengah.  

(Foto/Dinkominfo Blora)


“SID itu sebuah aplikasi berbasis web, yang bertujuan untuk mempermudah proses pelaporan data desa di area Jawa Tengah,” kata Nurkhamid.

SID merupakan implementasi Undang-Undang Desa. Dalam Bagian Ketiga Undang Undang Desa Pasal 86 tentang Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan jelas disebutkan bahwa desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten atau Kota.


Sistem Informasi Desa (SID) menjadi bagian tak terpisahkan dari pembangunan desa dan pembangunan kawasan perdesaan. Dengan adanya perubahan paradigma pembangunan desa membuat SID menjadi penting peranannya. Karena itu, perlu dikembangkan SID yang sesuai dengan visi UU Desa yakni menjadikan desa kuat, mandiri, sejahtera, dan demokratis.(*) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Tim TI Pemkab Blora Ikuti Bimtek Sistem Informasi Desa"

Post a Comment